HONDA

Listrik di Sejumlah Wilayah Bengkulu Masih Padam, PLN: Sistem Sudah Berfungsi Sekitar 50 Persen

Listrik di Sejumlah Wilayah Bengkulu Masih Padam, PLN: Sistem Sudah Berfungsi Sekitar 50 Persen

PLN sebut sistem sudah berfungsi sekitar 50 persen, listrik di sejumlah wilayah Bengkulu masih padam.--ANTARA/Anggi Mayasari

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - PLN UP3 Bengkulu melaporkan bahwa listrik di sejumlah wilayah Kota Bengkulu masih padam akibat gangguan jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lubuklinggau-Lahat yang terjadi sejak 4 Juni 2024.

Beberapa wilayah di Kota Bengkulu yang masih mengalami pemadaman listrik antara lain kawasan sepanjang pantai, Pulau Baai, Bumiayu, dan beberapa area lainnya.

"Saat ini, kami berharap pemulihan dapat dilakukan hari ini dan listrik tidak padam lagi," ujar Asisten Manajer Transaksi Energi Listrik PLN UP3 Bengkulu, Reza Oktadinata dikutip antaranews.com, Rabu, 5 Juni 2024.

"Hampir seluruh Bengkulu mengalami pemadaman, dan meskipun kami belum bisa memastikan pemulihan, semoga hari ini listrik bisa normal kembali," katanya.

BACA JUGA:Akibat Gangguan, Listrik PLN Belum Normal

Gangguan pada jaringan SUTET 275 kV ini tidak hanya berdampak pada Bengkulu, tetapi juga Provinsi Jambi, Lubuklinggau, Pagaralam, Lampung, dan daerah lainnya mengalami pemadaman total.

PLN Bengkulu saat ini berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mengetahui penyebab pemadaman dan langkah pemulihan.

Selain itu, mereka menunggu konfirmasi dan arahan langsung dari unit pengatur beban di Palembang agar dapat segera menambah beban dan memasukkan feeder yang tersedia.

"Kami terus berkoordinasi dan berharap proses pemulihan dapat berjalan bertahap. Saat ini sistem sudah berfungsi sekitar 50 persen dan semoga hari ini bisa mencapai 100 persen," tambah Reza.

BACA JUGA:Listrik di Wilayah Bengkulu Mati Total, Ini Penjelasannya

Seperti diketahui, pada Selasa, 4 Juni 2024 pukul 11.00 WIB, terjadi gangguan pada SUTET 275 kV yang mengakibatkan padamnya pembangkit listrik di Sumatera Bagian Selatan dan Tengah, termasuk Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Sumatera Barat.

Pelayanan Kependudukan di Bengkulu Tetap Berjalan Meski Listrik Padam

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu tetap memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat meskipun terjadi gangguan listrik sejak kemarin hingga saat ini.

Kepala Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo, menyatakan bahwa meskipun situasi tidak ideal karena padamnya listrik, pihaknya telah mengambil langkah kompensasi untuk memastikan pelayanan tetap berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: