BANNER KPU
HONDA

Siapa Sangka? Getah Pepaya Bisa Digunakan dalam Pengobatan Tradisional, Ini 5 Manfaatnya yang Jarang Diketahui

Siapa Sangka? Getah Pepaya Bisa Digunakan dalam Pengobatan Tradisional, Ini 5 Manfaatnya yang Jarang Diketahui

Siapa Sangka? Getah Pepaya Bisa Digunakan dalam Pengobatan Tradisional, Ini 5 Manfaatnya yang Jarang Diketahui--Instagram.com/ lampohbijeeh

Getah pepaya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati luka bakar ringan, kutil dan bisul. Kandungan enzim papain dalam getah pepaya diyakini memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang membantu dalam proses penyembuhan.

2. Perawatan Kulit

Kandungan enzim papain dalam getah pepaya juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Papain dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Beberapa produk perawatan kulit menggunakan papain sebagai bahan aktif untuk eksfoliasi dan pencerahan kulit.

3. Antioksidan

Getah pepaya mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini dapat membantu dalam mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

4. Pencernaan

Papain dalam getah pepaya dapat membantu dalam pencernaan makanan dengan memecah protein-protein kompleks menjadi asam amino yang lebih sederhana. Ini bisa bermanfaat untuk orang-orang dengan masalah pencernaan seperti gangguan lambung atau intoleransi terhadap makanan tertentu.

BACA JUGA:Camilan Sehat! Biji Bunga Matahari yang Kaya Nutrisi dan Bermanfaat Bagi Tubuh

BACA JUGA:Manfaat dan Cara Menggunakan Masker untuk Mencerahkan Area Lipatan Kulit: Rekomendasi Masker Ada di Sini!

5. Antiparasit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa papain dalam pepaya memiliki sifat antiparasit yang dapat membantu dalam pengobatan infeksi parasit seperti cacing usus.

Cara Mengolah Getah Pepaya

- Pengumpulan Getah Pepaya

Untuk mengumpulkan getah pepaya, caranya adalah dengan melakukan sayatan atau melukai bagian kulit pepaya yang mengandung getah. Getah akan mengalir keluar dari sayatan ini.

- Penyaringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: