BANNER KPU
HONDA

Ternyata Ini Penyebab Anak Mudah Menangis, Ketahui Juga Cara Mengatasinya

Ternyata Ini Penyebab Anak Mudah Menangis, Ketahui Juga Cara Mengatasinya

Ternyata Ini Penyebab Anak Mudah Menangis, Ketahui Juga Cara Mengatasinya--Instagram.com/ majalahpama

- Beri Pengertian

Ajak anak untuk berbicara tentang perasaannya setelah dia tenang sedikit. Berikan kata-kata untuk membantu mereka mengungkapkan apa yang mereka rasakan.

- Berikan Keterampilan Mengatasi Emosi

Bantu anak untuk mengembangkan keterampilan pengaturan diri seperti bernapas dalam-dalam, menghitung sampai sepuluh, atau menggunakan kalimat-kalimat sederhana untuk mengekspresikan perasaan mereka.

- Identifikasi Penyebab Tangis

Cobalah untuk mengenali apa yang memicu tangisan anak. Apakah itu lapar, lelah, kebutuhan emosional, atau situasi tertentu? dengan memahami penyebabnya tentu bisa membantu untuk menemukan solusi yang tepat.

- Berikan Konsistensi dan Struktur

Anak-anak merasa lebih aman ketika mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka dan apa yang akan terjadi selanjutnya. Pertahankan rutinitas yang konsisten dan berikan batasan yang jelas.

BACA JUGA:Mengatur Pola Jajan Anak: Ketahui 6 Cara Mengatasi Anak yang Suka Jajan

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Ini Tips Mengatasi Anak yang Suka Ngompol di Malam Hari

- Berikan Perhatian Positif

Berikan perhatian positif kepada anak saat mereka tidak sedang menangis. Bermain bersama, mendengarkan cerita mereka, atau melakukan kegiatan yang disukai anak dapat memperkuat ikatan emosional dan membantu mereka merasa lebih aman.

- Modelkan Respons Emosional yang Sehat

Anak-anak sering belajar dari contoh yang diberikan oleh orang dewasa di sekitar mereka. Menunjukkan cara mengelola emosi dengan tenang dan penuh pengertian dapat memberikan panduan yang baik bagi mereka.

- Jangan Melabeli atau Menghakimi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: