BANNER KPU
HONDA

Mengenal Jenis-jenis Tantrum pada Anak dan Cara Mengatasinya

Mengenal Jenis-jenis Tantrum pada Anak dan Cara Mengatasinya

Mengenal Jenis-jenis Tantrum pada Anak dan Cara Mengatasinya--Instagram.com/ muslimahparenting.id

BENGKULU,RAKYATBENGKULU.COM - Anak tantrum merujuk pada perilaku yang umum terjadi pada Anak-Anak, dimana mereka mengekspresikan emosi yang kuat, seperti marah, frustasi atau kekecewaan secara intens.

Ini sering terjadi ketika anak merasa tidak mampu mengatasi atau mengungkapkan perasaan mereka dengan cara yang lebih dewasa atau terkendali.

Biasanya, anak tantrum terjadi ketika mereka merasa frustrasi karena tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan, atau ketika mereka merasa kesulitan dalam mengkomunikasikan keinginan atau kebutuhan mereka.

Gejala yang umum dari anak tantrum meliputi menangis keras, berteriak, menendang atau memukul benda, atau bahkan mengguling-gulingkan diri di lantai.

BACA JUGA:Manfaat dan Tips Mengajarkan Anak Menyikat Gigi Sejak Dini

BACA JUGA:Kenali Tanda Diabetes pada Anak Melalui 6 Gejala Ini, Termasuk Nafsu Makan yang Meningkat

Dalam perkembangan anak, tantrum dapat terjadi pada berbagai usia, tetapi cenderung lebih umum pada anak usia prasekolah, karena pada periode ini mereka sedang belajar mengontrol emosi mereka dan menavigasi dunia di sekitar mereka.

Orangtua dan pengasuh sering kali harus mengembangkan strategi untuk membantu anak mengelola emosinya dan memahami cara-cara yang lebih baik untuk mengekspresikan perasaan mereka.

Berikut ada beberapa jenis tantrum dan cara mengatasi anak yang sedang tantrum, yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber.

Berikut Adalah Beberapa Jenis Tantrum pada Anak

1. Tantrum Frustrasi

Terjadi ketika anak merasa tidak mampu atau tidak memiliki keterampilan untuk mencapai tujuan atau keinginan mereka. Misalnya, saat mereka tidak bisa memecahkan masalah atau menghadapi tantangan tertentu.

2. Tantrum Keinginan

Muncul ketika anak tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ini bisa berupa mainan, makanan, perhatian, atau permintaan lain yang tidak terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: