BANNER KPU
HONDA

Dampak Over Konsumsi pada Anak dan Tips Supaya Anak Tidak Over Konsumsi

Dampak Over Konsumsi pada Anak dan Tips Supaya Anak Tidak Over Konsumsi

Dampak Over Konsumsi pada Anak dan Tips Supaya Anak Tidak Over Konsumsi--Instagram.com/ tiamuutia

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Over konsumsi pada anak adalah kecenderungan atau kebiasaan anak untuk mengonsumsi atau membeli barang-barang atau layanan dalam jumlah atau frekuensi yang melebihi kebutuhan nilai yang sebenarnya bagi mereka.

Hal ini bisa akan mencakup berbagai hal. Dampak dari over konsumsi pada anak bisa saja termasuk kurangnya apresiasi terhadap nilai-nilai non-material yaitu seperti pengembangan pribadi.

Ketergantungan pada barang-barang materi untuk kebahagiaan, dan dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan juga mental mereka.

Nah,penting bagi orang tua untuk mengenali tanda-tanda over konsumsi pada anak dan harus mengambil langkah-langkah untuk mengajarkan nilai-nilai konsumsi yang sehat.

BACA JUGA:8 Cara Hidup Hemat ala Anak Kos, Uang Jajan Masih Sisa Banyak dan Bisa Menabung

BACA JUGA:Anak Terlalu Banyak Bermain Gadget dapat Menyebabkan Speech Delay, Intip Penyebab Lainnya

Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang dapat mengajarkan anak over konsumsi dan cara mengatasi anak bila over konsumsi, yang telah dirangkum Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber. Simak ulasan berikut ini.

1. Kebiasaan yang Dapat Mengajarkan Anak Over Konsumsi

- Memberi Hadiah Secara Berlebihan

Memberikan hadiah atau pemberian materi secara berlebihan setiap kali anak meminta atau berhasil melakukan sesuatu, tanpa memperhatikan nilai atau pentingnya hadiah tersebut.

- Memberikan Akses Bebas ke Barang-barang

Membiarkan anak memiliki akses yang tidak terbatas atau tidak diawasi terhadap barang-barang konsumsi seperti mainan, gadget, atau makanan ringan.

- Membiarkan Anak Terpapar pada Iklan

Membiarkan anak terpapar pada iklan-iklan yang mendorong konsumsi berlebihan atau mengajarkan bahwa kebahagiaan tergantung pada kepemilikan barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: