BANNER KPU
HONDA

Dampak Bila Anak Sering Mengonsumsi Makanan Manis dan Tips Mengatasinya

Dampak Bila Anak Sering Mengonsumsi Makanan Manis dan Tips Mengatasinya

Dampak Bila Anak Sering Mengonsumsi Makanan Manis dan Tips Mengatasinya--Instagram.com/ duniaaparentingdotid

Anak-anak akan cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Jadi, penting untuk memberi contoh yang baik dengan cara membatasi konsumsi gula Anda sendiri dan memilih makanan dan minuman yang sehat.

- Sediakan Pilihan Makanan Sehat

Pastikan bahwa di rumah tersedia pilihan makanan yang sehat, seperti buah-buahan segar, yogurt rendah lemak, kacang-kacangan, atau camilan sehat lainnya. Jika anak merasa lapar di antara waktu makan, mereka akan lebih mungkin memilih pilihan yang lebih sehat jika itu yang tersedia.

- Batasi Akses ke Makanan Manis

Jangan menyimpan terlalu banyak makanan atau minuman manis di rumah. Ini dapat membantu mengurangi godaan anak untuk mengonsumsi gula berlebihan.

- Jadwalkan Waktu Makan

Tentukan waktu makan yang teratur untuk anak-anak, termasuk camilan sehat di antara waktu makan utama. Dengan cara ini, mereka akan kurang cenderung mencari camilan manis di luar jadwal makan mereka.

BACA JUGA:Kenali Tanda Diabetes pada Anak Melalui 6 Gejala Ini, Termasuk Nafsu Makan yang Meningkat

BACA JUGA:Enak dan Menyehatkan, Ini 3 Resep Menu Makanan untuk Anak Usia 3 Tahun

- Perhatikan Label Makanan

Ketika Anda membeli makanan kemasan, perhatikan label nutrisi untuk memeriksa jumlah gula tambahan. Pilihlah produk dengan kadar gula yang lebih rendah atau pilihan yang lebih sehat secara keseluruhan.

- Ajarkan Pendidikan Gizi

Bicarakan dengan anak-anak tentang pentingnya makan makanan sehat dan batasan konsumsi gula. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang sehat dan tidak sehat bagi mereka, mereka mungkin lebih termotivasi untuk membuat pilihan yang baik sendiri.

- Hindari Memberi Hadiah dengan Makanan Manis

Menggunakan makanan manis sebagai hadiah atau penghargaan dapat memperkuat hubungan positif antara makanan manis dan perilaku baik, yang dapat meningkatkan keinginan anak untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: