HONDA

5 Toko Kelontong Asal Luar Negeri yang Berniaga di Indonesia, Ada yang Sukses dan Bangkrut

5 Toko Kelontong Asal Luar Negeri yang Berniaga di Indonesia, Ada yang Sukses dan Bangkrut

5 Toko Kelontong Asal Luar Negeri yang Berniaga di Indonesia, Ada yang Sukses dan Bangkrut--Instagram/Bigalphaid

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Terdapat 5 toko kelontong atau minimarket asal luar negeri yang ternyata berniaga di Indonesia bahkan ada yang sudah tutup.

Toko kelontong merupakan bentuk dari minimarket yang terjangkau oleh masyarakat baik itu dari berbagai macam produk dan juga harga yang ditawarkan juga lebih murah dibandingkan market besar.

Berikut ini 5 toko kelontong asal luar negeri yang berniaga di Indonesia diantaranya adalah dikutip dari akun Instagram Bigalphaid, yakni:

1. Circle K

Circle K merupakan toko kelontong yang berasal dari Amerika Serikat berdiri pada tahun 1951 di El paso Texas yang pertama kali dilakukan secara internasional pembukaannya berada di Jepang.

BACA JUGA:Kurir Ekspedisi di Bengkulu Diciduk Polisi, Tukar Paket Isi 15 Handphone Milik Konsumen dengan Minuman Kemasan

Namun toko kelontong asal luar negeri ini melebarkan sayapnya di Indonesia lebih tepatnya pada tahun 1986 dimana lisensinya dipegang oleh PT. Circleka Indonesia Utama.

Ternyata Circle K sudah banyak sekali minimarketnya di berbagai daerah di wilayah Indonesia ini sebanyak lebih dari 500 gerai bahkan untuk dibagi saja sudah 50% minimarketnya menguasai daerah tersebut.

2. Family Mart

Salah satu toko kelontong yang ada di Indonesia dari luar negeri adalah family mart yang berasal dari Jepang pada tahun 1978 yang awal namanya adalah Seiyu store berganti dengan Family Mart.

Kemudian Family Mart melebarkan sayapnya ke berbagai negara diantaranya adalah Amerika Serikat, Indonesia, Cina, Thailand, Taiwan, Filipina, Vietnam, dan berbagai negara lainnya.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Aki Mobil yang Tekor dan Cari Tahu Apa Penyebabnya

Pertama kali family Mart datang di Indonesia berada di Cibubur pada tahun 2012 lisensinya dipegang oleh PT Fajar Mitra yang merupakan anak perusahaan Wings Group.

Saat ini FamilyMart di Indonesia sudah banyak sekali gerainya diantaranya ada sekitar 250 gerai yang berada di berbagai daerah itulah toko kelontong yang dapat hidup di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: