HONDA

Tips Menjaga Imun Tubuh Agar Tetap Sehat, Terapkan 7 Langkah Ini

Tips Menjaga Imun Tubuh Agar Tetap Sehat, Terapkan 7 Langkah Ini

Terapkan 7 langkah ini untuk menjaga imun tubuh agar tetap sehat.--pexels.com

RAKYATBENGKULU.COM - Imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh merupakan garis pertahanan pertama pada tubuh terhadap penyerang seperti virus, bakteri ataupun kuman.

Sistem kekebalan tubuh ini membantu melindungi tubuh agar tidak mudah jatuh sakit dan mempercepat penyembuhan saat tubuh sedang tidak sehat atau terkena cedera.

Imun tubuh atau biasa dikenal dengan sistem kekebalan tubuh ini mempunyai tujuan untuk membantu tubuh pulih dari infeksi maupun cedera.

Sistem kekebalan tubuh ini juga biasa disebut unutk melindungi tubuh dari virus, bakteri, kuman, dan zat yang asing lainnya.

BACA JUGA:XL Axiata Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan Promo Ekslusif

BACA JUGA:XL Axiata Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan Inovasi Berbagai Fitur AI

Sistem imun tubuh ini terdiri dari sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif. Respons imun adalah cara tubuh mengenali dan mempertahankan diri terhadap zat asing yang berbahaya. 

Sistem imun bawaan adalah bentuk pertahanan awal yang melibatkan suatu penghalang permukaan, reaksi peradangan, sistem komplemen, dan komponen seluler.

Sementara sistem imun adaptif yakni sistem yang berkembang karena diaktifkan oleh sistem imun bawaan dan memerlukan waktu untuk dapat mengerahkan suatu respons pertahanan yang lebih kuat dan juga spesifik.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tips cara meningkatkan imun tubuh yang bertujuan untuk menjaga badanagar tetap sehat. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh, di antaranya: 

BACA JUGA:Paus Fransiskus Kenakan Busana Bertema 'Salib Nusantara' di GBK, Kesederhanaannya Dipuji

BACA JUGA:Kemenkominfo Pastikan e-Meterai CPNS 2024 Sudah Dapat Diakses, Tak Lagi Ada Kendala

• Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan mengandung makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) serta mikronutrien (vitamin dan mineral).

• Mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung vitamin C, E, dan A yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: