HONDA

Terpilih Jadi Tuan Rumah, Bengkulu Siap Sukseskan Rakornas Literasi, Inovasi, dan Kreativitas 2024

Terpilih Jadi Tuan Rumah, Bengkulu Siap Sukseskan Rakornas Literasi, Inovasi, dan Kreativitas 2024

Terpilih Jadi Tuan Rumah, Bengkulu Siap Sukseskan Rakornas Literasi, Inovasi, dan Kreativitas 2024--Media Center Pemprov Bengkulu/Rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Provinsi Bengkulu resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas 2024.

Acara yang digelar Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) ini dijadwalkan berlangsung pada 23-27 September 2024, dengan persiapan yang kini semakin intensif.

Asisten I Setda Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Bengkulu, Khairil Anwar, dalam keterangannya usai mengikuti rapat persiapan melalui video conference bersama Kemenko PMK pada Jumat 13 September 2024, menjelaskan bahwa Bengkulu terpilih berkat penghargaan yang diterima sebelumnya dari Kemendikbudristek RI atas revitalisasi bahasa daerah.

“Hari ini, kami melanjutkan rapat pemantapan terkait kesiapan Bengkulu sebagai tuan rumah Rakornas Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas. Terpilihnya Bengkulu berkat penghargaan atas revitalisasi bahasa daerah yang diberikan oleh Kemendikbudristek RI pada 2 Mei lalu,” kata Khairil.

BACA JUGA:Ternyata Ini Asal Usul Seblak dan Evolusinya Menjadi Makanan Populer

BACA JUGA:5 Deterjen Murah dengan Wangi Impian yang Worth It untuk Pakaian Anda

Selain prestasi tersebut, potensi alam Bengkulu turut mendukung pemilihan provinsi ini sebagai lokasi penyelenggaraan Rakornas.

Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki diharapkan dapat menjadi pemicu munculnya inovasi baru selama dan setelah acara berlangsung.

“Dengan meningkatkan literasi, kita berharap inovasi dan kreativitas baru muncul di Bengkulu. Pembudayaan literasi ini juga merupakan wujud kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung inovasi dan kreativitas di Bengkulu,” tambahnya.

Asisten Deputi Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko PMK, Molly Prabawaty, dalam video conference tersebut, juga mengungkapkan bahwa 13 kementerian sudah dipastikan berpartisipasi dalam acara ini, dengan kemungkinan jumlah kementerian bertambah hingga 16.

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Smartphone yang Hilang

BACA JUGA:Pemkab Rejang Lebong Gencarkan Gerakan Aksi Bergizi di Sekolah-Sekolah untuk Mewujudkan Generasi Sehat dan Cer

“Namun, jumlah kementerian bisa bertambah hingga 16 jika ada peninjauan terkait Pulau Tikus,” ungkap Molly.

Molly menekankan bahwa literasi memiliki peran penting dalam mendorong kreativitas dan inovasi, terutama di era digital saat ini.

Melalui Rakornas, diharapkan Bengkulu dapat mengambil manfaat besar dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan produktivitas.

“Kami berharap, kehadiran Rakornas di Bengkulu dapat meninggalkan warisan yang positif, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia di daerah ini,” tutup Molly.

BACA JUGA:Pendaftaran Lelang Jabatan Kosong Ditutup, 12 Peserta Lulus Administrasi

BACA JUGA:Penindakan Tegas Kendaraan ODOL di Provinsi Bengkulu

Sebagai informasi tambahan, Rakornas Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas 2024 akan berlangsung selama hampir satu minggu, dengan salah satu agenda utama berupa kunjungan perwakilan Kemenko PMK ke Pulau Tikus, salah satu destinasi wisata unggulan di Bengkulu.

Dengan persiapan yang semakin matang, acara ini diharapkan tidak hanya memperkuat posisi Bengkulu sebagai pusat inovasi, tetapi juga mempromosikan potensi daerah ke kancah nasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: