HONDA

Bapenda Kota Bengkulu Siapkan Aplikasi Bayar Pajak untuk Permudah Masyarakat

Bapenda Kota Bengkulu Siapkan Aplikasi Bayar Pajak untuk Permudah Masyarakat

Aplikasi bayar pajak untuk permudah masyarakat disiapkan Bapenda Kota Bengkulu.--ANTARA/Anggi Mayasari

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu siap meluncurkan aplikasi bayar pajak di bulan Oktober mendatang.

Aplikasi ini bertujuan mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak daerah.

"Kita akan luncurkan aplikasi bayar pajak yang dapat diunduh atau diinstal melalui handphone pintar masyarakat," kata Kepala Bapenda Kota Bengkulu Nurlia Dewi dikutip antaranews.com, Selasa, 17 September 2024.

Dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Bapenda Kota Bengkulu untuk membayar pajak, sebab dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui handphone.

BACA JUGA:Tak Disangka, Ternyata Umbut Rotan Miliki 7 Manfaat Kesehatan

BACA JUGA:Pengakuan 5 Komunitas Adat di Kabupaten Seluma, Contoh Baik untuk Perlindungan Masyarakat Adat

Aplikasi tersebut akan terintegrasi dengan sistem Bapenda, sehingga akan ada notifikasi pemberitahuan bagi wajib pajak secara berkala agar segera membayar pajak.

Seluruh jenis pajak dapat dibayarkan, seperti pajak bumi bangunan (PBB), pajak restoran, pajak hiburan, pajak hotel, dan jenis pajak lainnya.

Pada aplikasi, terang Nurlia, telah tertera laporan omzet atau pendapatan pelaku usaha dengan cara mengisi formulir digital yang kemudian nilainya akan terbagi otomatis untuk total pajak 10 persen.

Untuk itu, saat ini pihaknya tengah melakukan uji coba agar aplikasi tersebut dapat mempermudah dan mendekatkan layanan pembayaran pajak tepat waktu dan tepat jumlah.

BACA JUGA:Sepanjang 2024 Ada 14 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Rejang Lebong, Menurun dari Tahun Lalu

BACA JUGA:6 Cara Bijak Berselancar di Media Sosial, Membuat Hidup Lebih Bahagia

Selain itu, Bapenda Kota Bengkulu juga menargetkan untuk kembali memasang 100 tapping box atau alat perekam pajak pada 2024 guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di wilayah tersebut.

Alat tersebut akan dipasang di sejumlah tempat usaha yang berada di Kota Bengkulu seperti restoran, tempat hiburan, kafe, hotel dan jenis usaha lainnya di Kota Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: