Cara Mengoperasikan Mobil Matic di Tanjakan agar Transmisinya Awet

Minggu 16-06-2024,16:28 WIB
Reporter : Peri Haryadi
Editor : M. Abadi

-Tuas transmisi posisi netral (N)

-Posisi sedang parkir (P)

-Tuas transmisi posisi (R) artinya reverse atau mobil melaju mundur

-Posisi D (drive) untuk kondisi mobil matic melaju ke depan

Selain itu, juga ada posisi tambahan yakni D2 dan D1 atau L di bawah posisi D.  

BACA JUGA:Penyebab Mesin Mobil Terasa Cepat Sekali Panas, Berikut Waktu yang Pas Ganti Air Radiator

BACA JUGA:2 Penyebab Kopling Mobil Manual Tiba-tiba Bau Gosong, Berikut Cara Mengatasinya saat Keluar Asap

2.Cocokan Posisi Tuas Transmisi dengan Kondisi Jalan  

Di jalan menanjak pada kawasan perbukitan dan pegunungan biasanya lebih curam, jadi tidak cukup apabila hanya menggunakan mode D (drive) saja.

Pengemudi sebaiknya menggunakan posisi D2 untuk bisa melaju dengan mudah. 

Apabila tanjakannya semakin curam, maka pengemudi bisa menggeser tuas transmisi ke posisi D1.

Posisi D1 diibaratkan gigi 1 pada mobil manual.

Bisa juga digunakan untuk tanjakan yang memang sangat curam atau ketika terjebak macet di tanjakan. 

BACA JUGA:Jadwal Pendaftaran PPDB Tahun 2024 di Bengkulu untuk Jalur Afirmasi, Prestasi dan POT

BACA JUGA:Catat ! Ini Persyaratan PPDB 2024 Bengkulu Jalur Afirmasi, Prestasi, POT dan Zonasi

3.Jangan Injak Rem Saat Pindah Posisi Transmisi

Kategori :