Manfaat Air Nira yang Terkenal Kaya Nutrisi, Begini Cara Mengolahnya dengan Benar

Sabtu 20-07-2024,17:13 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kekayaan alam di Indonesia memang sangat beragam dan banyak, salah satunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun berbagai aspek kehidupan.

Air nira bukan hanya sembarang air karena didapatkan hanya dari tanaman tertentu saja.

Dahulu untuk mendapatkan cairan yang satu ini sangat mudah, dan bahkan di setiap daerah tentu banyak tersedia dengan kualitas yang bagus.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak lahan dijadikan bangunan maka eksistensinya tentu semakin berkurang.

Apabila Anda belum tahu, air nira berasal dari bagian batang dari sejumlah tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman palma. Diantaranya kurma, aren, nipah, kelapa, siwalan, sagu dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya.

Bisanya air nira ini akan diambil dengan cara memangkas atau melukai tangkai batang dari tumbuhan tersebut, dan kemudian ditampung dengan menggunakan bambu atau tabung yang khusus.

Namun, tentunya ada proses yang panjang sebelum Anda bisa mendapatkan tetes demi tetesan air nira.

BACA JUGA:Siapkan 2.000 Tiket Gratis, Pemprov Bengkulu Fasilitasi Nobar Film Pahlawan Nasional

BACA JUGA:3 Resep Puding Enak Ala Rumahan, Ada Varian Coklat, Labu Kuning hingga Kacang Hijau

Sebelum melakukan proses penyadapan atau menggores batang tanaman, maka petani nira akan memukul bagian batang tanaman palma tersebut hingga semua bunga yang masih menempel pada dahan akan menjadi berguguran.

Tujuannya supaya pori-pori batang akan menjadi lemas dan siap untuk mengalirkan air nira pada pembuluhnya, dan hasilnya air yang didapatkan nantinya akan menjadi lebih banyak.

Nah, kali ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat dan cara mengolah air nira yang benar.

1. Berbagai Manfaat dari Air Nira

- Kaya akan nutrisi

Air nira mengandung berbagai nutrisi penting seperti gula alami, vitamin (terutama vitamin C), mineral (seperti kalium, kalsium, magnesium), serta elektrolit seperti natrium dan klorida.

- Menyegarkan dan melembapkan

Konsumsi air nira dapat memberikan efek penyegaran dan melembapkan tubuh, cocok untuk dikonsumsi saat cuaca panas.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kurma, Ternyata Ini Makanan Kesukaan Rasulullah yang Kini Langka dan Hampir Punah

BACA JUGA:Kampanye Lawan Judi Online, Kajati Bengkulu Gelar Turnamen Mini Soccer

- Menyediakan energi

Kandungan gula alami dalam air nira dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh.

- Mengandung antioksidan

Air nira mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan fenolik, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

- Mendukung pencernaan

Air nira mengandung serat prebiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

- Penggunaan dalam masakan

Selain diminum langsung, air nira juga bisa digunakan sebagai bahan untuk masakan dan minuman lainnya, seperti es kelapa muda.

- Dapat diolah menjadi gula aren

Air nira dapat difermentasi menjadi gula aren, yang memiliki manfaat ekonomis dan digunakan dalam banyak produk makanan.

BACA JUGA:Terkuak! Hard Gumay Ternyata Bukan Sekedar Peramal, Ini Pekerjaan Aslinya

BACA JUGA:Selamat, Jefri Subarkah Pimpin Perbakin Provinsi Bengkulu! Terpilih Secara Aklamasi, Ini Visinya

2. Tips Mengolah Air Nira dengan Benar

- Pemilihan Pohon Kelapa yang Tepat

Pastikan pohon kelapa yang digunakan untuk menoreh nira dalam keadaan sehat dan tidak terlalu tua. Pilih pohon kelapa yang memiliki diameter batang yang cukup besar untuk menghasilkan nira yang cukup banyak.

- Teknik Penorehan yang Tepat

Gunakan teknik penorehan yang benar untuk menghindari kontaminasi dan kerusakan pada pohon kelapa. Pastikan alat yang digunakan steril dan aman untuk digunakan.

- Penyimpanan Nira yang Higienis

 Setelah ditoreh, pastikan nira disimpan dalam wadah bersih dan tertutup rapat untuk mencegah terkontaminasinya air nira oleh kuman atau bakteri.

- Pembekuan atau Pengolahan Segera

Jika tidak akan langsung dikonsumsi, segera olah air nira dengan cara direbus atau dibekukan untuk menjaga kesegarannya dan mencegah fermentasi yang tidak diinginkan.

- Pengolahan Lebih Lanjut

Jika ingin membuat gula kelapa atau produk lainnya dari air nira, pastikan proses pengolahan menggunakan teknik yang higienis dan aman. Pastikan juga untuk menggunakan alat dan wadah yang bersih.

BACA JUGA:Khusus Kades, Perangkat Desa dan BPD, Ini Syarat Beasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau Tahun 2024

BACA JUGA:Kronologi Kebakaran Rumah Warga di Tanjung Agung Bengkulu, Diduga Akibat Korsleting Listrik

- Pemilihan Bahan dan Penggunaan

Gunakan bahan-bahan tambahan lainnya (jika ada) yang aman dan higienis. Pastikan penggunaan air nira dalam masakan atau minuman sehat dan bersih.

- Kendalikan Kuantitas Konsumsi

Jika Anda ingin mengonsumsi air nira secara langsung, pastikan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang moderat. Jangan berlebihan karena kadar gula alami di dalamnya bisa tinggi.

Namun, perlu untuk Anda ingat bahwa dengan konsumsi air nira segar yang tidak terjamin kebersihan atau kondisinya bisa akan menimbulkan risiko kesehatan, sebaiknya pastikan untuk mendapatkan air nira dari sumber yang terpercaya dan aman untuk Anda dikonsumsi.

Dengan Anda mengikuti tips-tips di atas maka Anda dapat mengolah air nira dengan baik dan aman untuk digunakan dalam berbagai keperluan.

 

Kategori :