HONDA

10 Manfaat Air Nira untuk Kesehatan, Salah Satunya Obat Tradisional Diabetes

10 Manfaat Air Nira untuk Kesehatan, Salah Satunya Obat Tradisional Diabetes

10 Manfaat Air Nira untuk Kesehatan, Salah Satunya Obat Tradisional Diabetes--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pohon enau atau aren dengan nama ilmiahnya ‘Arenga pinnata’,  pohon kelapa dan nipah adalah tumbuhan yang masuk dalam kelompok yang sama, yaitu termasuk dalam suku palem-paleman. 

Seluruh bagian dari tanaman aren juga bersifat serba guna. Adapun salah satu manfaat dari pohon enau adalah air nira yang digunakan untuk membuat gula aren. Daun enau dapat juga digunakan sebagai atap rumah tradisional dan produksi sapu ijuk.

BACA JUGA:Rumput Laut Kaur Melimpah, Jadi Lalapan hingga Obat, Berikut 5 Khasiat yang Perlu Anda Ketahui

Tanaman enau tersebut sering juga dibudidayakan, karena dapat tumbuh subur di wilayah tropis serta memberikan nilai ekonomis bagi para petani.

Pohon enau merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah Asia tropis. Dimana tumbuhan tersebut secara alami tersebar dari India Timur bagian barat hingga wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia dan Filipina.

BACA JUGA:Menilik Suku Bedey di Bangladesh, Menjelajah Kehidupan di Atas Perahu

Selain wilayah tersebut, daerah tropis lain yang menjadi sebaran enau adalah Taiwan, Laos dan Vietnam. Di negara-negara tersebut enau juga dikembangkan menjadi tanaman budidaya, selain tumbuh liar di hutan belantara.

Sedangkan di Indonesia, pohon enau memiliki beberapa penamaan yang berbeda. Diantaranya di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Sunda dinamakan kawung, enau, taren atau aren. Sementara di Sulawesi dinamakan dengan akol, akel, akere, inru dan indu. Lalu di Nusa Tenggara dinamakan dengan moka, moke, tuwa dan tuwak.

BACA JUGA:Ini ! 6 Kriteria Wajib dalam Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024, Honor Rp 600 Ribu per Boks

Pada masa penjajahan Belanda, pohon enau dikenal sebagai arenpalm, sedangkan dalam bahasa Jerman tumbuhan tersebut dikenal dengan nama zuckerpale dan dalam bahasa Inggris disebut dengan gomuti palm.

Pohon enau atau aren adalah salah satu tumbuhan yang dilindungi di Indonesia. Adapun habitat asli pohon enau adalah lingkungan yang beriklim tropis, seperti kondisi iklim di Asia umumnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Gaji PPPK Tahun 2024 Nusa Tenggara Barat 414 Miliar: Bima Terbesar

Selain itu, tumbuhan ini mudah beradaptasi dan dapat tumbuh dimana saja, namun pertumbuhannya akan optimal bila ditanam pada kawasan perbukitan, lereng ataupun tebing sungai dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Tumbuhan enau atau aren dapat tumbuh mulai daratan yang sejajar dengan permukaan laut sampai dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: