Jangan Salah, Begini 8 Cara Menggunakan Egrek yang Benar dan Aman saat Panen Buah Sawit

Minggu 11-08-2024,15:07 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM -  Egrek sawit adalah alat untuk panen khusus yang digunakan untuk memanen buah sawit dari pohonnya.

Alat ini sangat penting dalam pertanian atau industri perkebunan kelapa sawit karena dapat membantu dalam proses pemanenan tandan buah sawit yang sudah matang.

Egrek sawit memiliki bilah yang sangat tajam dan memang dirancang untuk memotong tangkai tandan buah sawit dengan mudah, bilah egrek sawit ini sering kali terbuat dari baja yang berkualitas dan tahan lama.

Nah, berikut adalah beberapa tips menggunakan egrek sawit dengan efektif dan aman yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Saatnya Kader Gerindra Pimpin Bengkulu, Meriani Optimis Raih Rekom Partai yang Diketuai Presiden RI Terpilih

BACA JUGA:Ramalan Keuangan Zodiak Agustus 2024: Taurus Banyak Pengeluaran Tak Terduga, Aries Dapat Tambahan

1. Pilih Egrek yang Tepat

- Kualitas Alat: Pastikan egrek yang digunakan dalam kondisi baik dan berkualitas. Pilih egrek dengan bilah yang tajam dan gagang yang kuat.

- Ukuran yang Sesuai: Sesuaikan ukuran egrek dengan ukuran tandan buah yang akan dipanen. Egrek dengan bilah lebih panjang biasanya lebih cocok untuk tandan buah yang besar.


Jangan Salah, Begini 8 Cara Menggunakan Egrek yang Benar dan Aman saat Panen Buah Sawit--Instagram.com/ harryatewl26

2. Persiapan dan Pemeliharaan

- Periksa Bilah dan Gagang: Sebelum digunakan, periksa bilah egrek untuk memastikan ketajamannya dan pastikan gagangnya tidak longgar atau retak. Tajamkan bilah jika diperlukan.

 - Bersihkan Secara Berkala: Setelah digunakan, bersihkan egrek dari sisa-sisa buah dan kotoran untuk mencegah karat dan kerusakan.

3. Penggunaan Perlengkapan Keselamatan

- Kenakan Helm dan Pelindung Mata: Selalu gunakan helm pelindung dan kacamata untuk melindungi diri dari kemungkinan cedera akibat buah sawit yang jatuh atau alat yang bergerak.

Kategori :