6 Manfaat Jantung Pisang Kepok untuk Ibu Menyusui, Meningkatkan Produksi ASI hingga Menjaga Kesehatan Jantung

Jumat 30-08-2024,10:52 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Jantung pisang kepok, yang sering disebut juga bunga pisang, adalah bagian dari tanaman pisang yang terletak di ujung tandan.

Meskipun sering terabaikan, jantung pisang kepok menawarkan berbagai manfaat kesehatan, terutama bagi ibu menyusui.

Berikut adalah 6 manfaat utama dari mengonsumsi jantung pisang kepok untuk ibu menyusui, yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Produksi ASI

Jantung pisang kepok tentunya mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang penting, yaitu seperti vitamin B6 dan kalium, vitamin B6 dalam jumlah yang cukup.

Ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan mendukung kesehatan ibu serta bayi.

BACA JUGA:Mendukung Kesehatan Kulit, Berikut 7 Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang Kepok dan Tips Memasaknya

BACA JUGA:7 Jenis Tanaman yang Memberikan Bonus Kesehatan, Rumah Asri Penghuninya Sehat

Kandungan serat yang ada didalam jantung pisang juga dapat membantu menjaga sistem pencernaan ibu menyusui supaya tetap sehat, sistem pencernaan yang sehat tentunya dapat berkontribusi pada kesehatan dan kenyamanan, yang secara tidak langsung mendukung proses menyusui.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Jantung pisang kepok yang kaya akan kalium, dan sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi jantung, yang tentunya sangat penting untuk kesehatan ibu menyusui.

Serta kandungan magnesium juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otot, termasuk juga dengan otot-otot yang digunakan selama menyusui.

3. Menyediakan Energi

Jantung pisang kepok mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi tambahan, energi yang cukup penting bagi ibu menyusui yang sering merasa lelah akibat menyusui dan perawatan bayi.

BACA JUGA:Tahan Terhadap Penyakit, Ini Keunikan Anggrek Kalajengking

BACA JUGA:Cara Membuat Teh Bunga Telang dan Manfaat yang Diperoleh untuk Kesehatan

Dimana kandungan vitamin C yang ada dalam jantung pisang tentu dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, yang sangat penting untuk ibu menyusui agar tetap sehat dan bertenaga.

4. Membantu Pemulihan Pasca Persalinan

Kategori :