4 Jenis Diabetes yang Umum Diderita dan Gejalanya, Kamu Perlu Tahu!

Sabtu 07-09-2024,08:37 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Diabetes mellitus, atau yang lebih dikenal dengan sebutan kencing manis, adalah kelompok gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia).

Kondisi ini terjadi akibat masalah dengan produksi atau penggunaan insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dengan membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa dari darah.

Berikut adalah jenis-jenis diabetes yang sering dialami manusia beserta gejalanya, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA:10 Manfaat Rutin Mengonsumsi Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Anemia

BACA JUGA:Tak Cuma Mendukung Fungsi Ginjal, Ini 7 Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

1. Diabetes Tipe 1

Ini adalah bentuk diabetes autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang dan merusak sel-sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Akibatnya, tubuh tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Diabetes tipe 1 biasanya berkembang pada usia muda, tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun.

2. Diabetes Tipe 2

Ini adalah bentuk diabetes yang lebih umum dan biasanya berkembang seiring bertambahnya usia. Pada diabetes tipe 2, tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau pankreas tidak memproduksi cukup insulin, kondisi ini sering terkait dengan obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan diet yang tidak sehat.

3. Diabetes Gestasional

Diabetes yang terjadi selama kehamilan dan biasanya hilang setelah melahirkan. Namun, wanita yang mengalami diabetes gestasional memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan diabetes tipe 2 di masa depan.

4. Diabetes Lainnya

Ada bentuk diabetes yang lebih jarang, seperti diabetes yang disebabkan oleh gangguan genetik atau kondisi medis tertentu.

BACA JUGA:6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Daun Pepaya untuk Kesehatan Anda

BACA JUGA:7 Cara Merawat Karpet Mobil dengan Benar dan Manfaatnya

Kategori :