90 Kasus Kebakaran Terjadi di Kota Bengkulu, 3 Rumah Ludes dalam Kebakaran Terakhir, Ini Penyebabnya

Senin 23-09-2024,08:53 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kota Bengkulu menghadapi tantangan besar terkait kebakaran sepanjang tahun 2024, dengan total 90 kasus kebakaran tercatat sejak Januari hingga September.

Angka ini disampaikan oleh Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bengkulu, Lyem Friady, yang mengungkapkan bahwa penyebab utama kebakaran adalah pembakaran sampah yang tidak terkontrol dan diperburuk oleh musim kemarau.

“Kejadian kebakaran yang sudah ditangani itu sekitar 90 kasus yang terjadi selama 2024 ini,” jelas Lyem Friady dikutip KORANRB.ID.

Ia menambahkan bahwa cuaca kemarau yang panjang juga berperan besar dalam maraknya kebakaran lahan.

BACA JUGA:Kecewa Dijanjikan Jadi Honorer, Warga Rawa Makmur Terjebak Penipuan Oleh Teman Sendiri

BACA JUGA:11 Tips Jitu Memilih Bibit Alpukat Mentega Unggul, Pemula Wajib Tahu!

“Kebakaran di Kota Bengkulu, apalagi lahan atau yang lainnya, itu disebabkan oleh cuaca yang kemarau atau membakar sampah,” lanjutnya.

Selain menangani kebakaran, Damkar Kota Bengkulu juga aktif dalam penanganan kasus nonkebakaran, yang totalnya mencapai 269 evakuasi.

Evakuasi ini mencakup penanganan sarang tawon, ular, hingga penyelamatan hewan ternak seperti sapi.

"Jadi kami dari Damkar Kota Bengkulu, di samping melakukan tugas pemadaman kebakaran, kami sudah menyangkut seluruh unsur bencana penyelamatan," kata Lyem.

BACA JUGA:10 Langkah Penting Menyemai Bibit Alpukat Mentega dengan Metode Tanah

BACA JUGA:10 Langkah Ampuh untuk Sukses Budidaya Alpukat Mentega

Sementara itu, sebuah kebakaran hebat terjadi di Jalan Danau RT 04 RW 01, Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu pada Jumat 20 Desember 2024, sekitar pukul 03.50 WIB.

Peristiwa tersebut mengakibatkan tiga rumah ludes terbakar, selain itu satu unit mobil dan tiga unit sepeda motor juga hangus dilalap api.

Beruntung, dua penghuni rumah yang sempat terjebak berhasil diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu, Yuliansyah, menyebutkan bahwa hingga kini kerugian akibat kebakaran ini belum dapat dipastikan.

BACA JUGA:39 Desa di Kabupaten Bima NTB Menerima Dana Insentif Desa Tahun 2024

BACA JUGA:Desa di Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah Terima Dana Insentif Desa 2024, Ini Daftarnya

“Namun yang jelas selain 3 rumah, ada 1 mobil dan motor yang juga terbakar,” ungkapnya.

Yuliansyah menjelaskan bahwa kebakaran ini terjadi pada dini hari dan regu siaga dari pos 2 segera turun ke lokasi setelah menerima informasi.

"Pada pemadaman, kami temui ada dua orang yang sempat terjebak di dalam rumah, namun semuanya bisa diselamatkan tanpa korban jiwa," tutupnya.

Dalam menghadapi musim penghujan yang mulai tiba, masyarakat Kota Bengkulu diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi kebakaran, meski musim kemarau telah berlalu.

Kategori :