Awards Disway
HONDA

Fenomena De-Influencing di TikTok, Kenapa Orang Malah Disuruh Jangan Beli?

Fenomena De-Influencing di TikTok, Kenapa Orang Malah Disuruh Jangan Beli?

De-influencing jadi tren baru di TikTok --Freepik.com/xfector

RAKYATBENGKULU.COM - TikTok emang gak pernah kehabisan tren, dari yang viral karena joget sampai yang bikin dompet menangis karena FOMO (Fear of Missing Out). 

Tapi, ada satu tren baru yang justru ngajarin hal sebaliknya: de-influencing.

Kalau biasanya influencer nyuruh kamu beli barang ini-itu dengan segala klaim menggiurkan, kali ini mereka justru kasih tahu barang apa yang gak perlu dibeli. 

Kenapa tren ini bisa muncul dan kenapa banyak orang malah ikutan?

De-influencing adalah tren di TikTok di mana kreator konten justru mencegah orang buat beli barang-barang tertentu. 

BACA JUGA:Wisatawan Tenggelam di Sungai Seluma Saat Menolong Rombongan, Satu Orang Meninggal Dunia

BACA JUGA:Ghosting, Kenapa Orang yang Kamu Tinggalkan Bisa Jadi yang Kamu Butuhkan Nanti?

Mereka ngejelasin alasan kenapa suatu produk gak se-worth it itu, terlalu overpriced, atau ada alternatif lain yang lebih murah dan fungsinya sama.

TikTok emang punya kekuatan buat bikin sesuatu jadi viral dalam hitungan jam. 

Nah, de-influencing ini muncul karena beberapa alasan:

1. Banyak Orang Ngerasa Ketipu Sama Hype

Pernah gak sih beli barang cuma karena reviewnya bagus, tapi setelah dipakai malah zonk? Nah, de-influencing bantu orang buat lebih selektif sebelum belanja.

2. Capek Sama Konsumerisme Berlebihan

Setiap hari ada aja produk baru yang ‘wajib punya’. Padahal, banyak yang akhirnya cuma numpuk tanpa manfaat. 

De-influencing ngajarin buat lebih bijak dalam belanja.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: