HONDA

4.300 LPJU di Kota Bengkulu Rusak

4.300 LPJU di Kota Bengkulu Rusak

BENGKULU - Sekitar 4.300 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Kota Bengkulu mengalami kerusakan. Hal ini disampaikan Plt. kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu, Hengki Kurniawan, SE, MM.

“4.300 lampu yang rusak itu kebanyakan karena masih menggunakan lampu konvesional bukan LED sehingga lampu yang bukan spesifiknya itu kurang tahan lama,” ujarnya.

Ia menambahkan Dishub akan berinovasi untuk mengubah lampu konvesional menjadi lampu LED yang biasa sehingga akan menghemat daya listrik dan juga akan lebih tahan lama dari lampu konvesional. “Nanti dengan digantinya lampu menjadi LED biasa akan berdampak baik dibeberapa aspek,” tambahnya.

Hengki mengatakan untuk mengganti satu unit bola lampu konvensional menjadi lampu LED biasa membutuhkan biaya sekitar di angka  Rp 135 ribu. “Itu belum terhitung alat-alat lainnya seperti kabel,” terangnya. Ia mengatakan untuk memperbaiki semua lampu yang rusak di Kota Bengkulu harus secara bertahap karena anggaran untuk saat ini tidak mencukupi.

“Tidak bisa secara langsung harus secara bertahap, mengingat anggarannya besar,” ungkapnya.

Hengki menambahkan perawatan bukan hanya mengganti lampu saja tapi juga melakukan perawatan seperti kabel, magnet, MCB, fotosel dan lain-lain. “Untuk merawat itu semua membutuhkan anggaran yang besar, tapi insyaAllah nanti kita akan memperbaiki dan merawat semuanya,” katanya.

Terakhir Hengki berharap untuk masyarakat menjaga dan merawat lampu jalan dengan baik sehingga nyaman dalam melakukan perjalanan di malam hari. “Jika ada lampu yang padam ataupun rusak segera hubungi call center kami yakni 081281004366 dan juga untuk masyarakat jangan membakar sampah di tengah-tengah median jalan karena di situ terdapat jaringan-jaringan kabel kita,” tutupnya. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: