HONDA

Longsor Mengintai Jalur Ulu Manna

Longsor Mengintai Jalur Ulu Manna

ULU MANNA - Bagi masyarakat yang ingin melintas di jalan Ulu Manna menuju Tanjung Sakti Kabupaten Lahat harap waspada. Sebab sisi kanan dan kiri jalan rawan longsor. Bahkan beberapa titik jalan menjadi sempit akibat jalan amblas. Longsor kerap dipicu oleh hujan lebat. Lantaran sisi kiri dan kanan jurang dan tebing. Sehingga membuat tanah mudah amblas dan menyebabkan jalan sering putus.

Untuk saat ini dari pantauan RB, beberapa titik selalu terjadi longsor dan menyebabkan jalan ditutupi tanah dan material batuan.

Kepala BPBD Kabupaten BS Yarusdi Yunir mengatakan, tidak ada jalan lain menuju Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam selain jalur Ulu Manna.

Sebab jalan ini satu-satunya penghubung dua provinsi tetangga saat ini. Dengan kondisi rawan longsor, jalan penghubung ini tetap harus dilewati.

Selain lebih dekat jalan ini juga sentral penghubung perekonomian dua provinsi.

"Untuk wilayah Ulu Manna Pemkab BS selalu siapkan alat berat, namun untuk wilayah Lahat Sumatera Selatan warga tetap waspada karena area itulah yang sangat rawan longsor, lebih baik jangan melintas saat hujan turun," imbau Yarusdi.

Sebagai langkah jangka panjang pemerintah BS, Bupati BS Gusnan Mulyadi sebelumnya telah membeberkan jalur Bengkulu-Sumatera Selatan tersebut akan dilebarkan.

Gusnan mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, bahkan beberapa waktu lalu pihak PUPR telah turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi jalan.

Oleh sebab itu Gusnan yakin, apabila jalan dilebarkan dapat meminimalisir longsor dan arus lalu lintas masyarakat tidak terhambat.

"Pihak terkait seperti balai jalan nasional telah melihat langsung dan akan dilakukan rencana pelebaran jalan, kita tunggu waktunya," sampai Gusnan.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"