HONDA

Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya untuk Membasmi Hama Tanaman

Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya untuk Membasmi Hama Tanaman

Pestisida nabati dari daun pepaya untuk membasmi hama tanaman--Instagram/pustaka.kementan

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Satu lagi pestisida nabati dari daun pepaya untuk membasmi hama tanaman yang ramah lingkungan dan sangat berguna bagi tanaman sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Sistem pertanian Indonesia dapat memanfaatkan bahan alami untuk membuat pestisida nabati sehingga tidak memerlukan pestisida kimia yang memiliki dampak yang buruk untuk lingkungan.

Untuk itu pembudidayaan dalam memproduksi pestisida nabati dari daun pepaya ini wajib untuk dilestarikan karena akan menjadi alternatif pestisida yang bermanfaat dalam membasmi hama.

Bukan hanya hama yang terbasmi namun dapat menekan biaya pertanian sehingga petani dapat mengurangi biaya dalam pemanfaatan alternatif pestisida nabati tersebut sehingga mengurangi dampak buruk pestisida kimia.

BACA JUGA:Cara Membuat Buah Mengkudu Jadi Pestisida Nabati, Ampuh Basmi Hama pada Tanaman Kubis

Pepaya memiliki kandungan alami yang terkandung didalamnya dengan getahnya yang mengandung enzim sistein protease seperti papain dan kimopapain yang menghasilkan senyawa golongan alkaloid.

Selain itu, ada juga senyawa terpenoid, flavonoid dan asam amino non protein yang sangat beracun bagi serangga pemakan tumbuhan dengan menghasilkan residu dari pestisida nabati tersebut.

Tentunya akan lebih bermanfaat dan dapat terurai dengan aman di lingkungan sehingga akan aman untuk tanaman itu sendiri dalam jangka panjang beserta hewan ternak yang ada disana.

Untuk pembuatan pestisida Nabati dari Daun Pepaya ini dapat anda lakukan beberapa proses berikut ini dilansir dari kementrian pertanian:

BACA JUGA:Pestisida Nabati dari Buah Mengkudu untuk Membasmi Tikus pada Tanaman Padi, Begini Cara Buatnya

Bahan dan alat dalam pembuatan pestisida nabati dari daun pepaya, yakni:

1 kg daun papaya,

10 liter air,

2 sendok makan minyak tanah, dan 30 g deterjen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: