HONDA

Lansia Olah Kebun Desa

Lansia Olah Kebun Desa

Para ibu-ibu lansia di Desa Tanjung Eran diberdayakan di kebun sayur milik desa.--

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.disway.id - Pemerintah Desa Tanjung Eran Kecamatan Pino tidak ingin masyarakatnya berdiam diri di rumah, sekali pun yang sudah lanjut usia.

Pemerintah desa memberdayakan masyarakatnya untuk senantiasa kreatif dan produktif, salah satunya mengolah kebun milik desa.

Kepala Desa Tanjung Eran, Rudi Hartono mengatakan, saat ini sejumlah lansia desa, terutama kaum ibu-ibu, dikhususkan mengelola kebun sayur milik desa yang berada di Balai Desa.

BACA JUGA:Edarkan 230 Butir Pil Samcodin, Lansia di Bengkulu Diamankan

Berkebun sayur sebagai salah satu program desa terkait penguatan ketahanan pangan masyarakat Desa Tanjung Eran. Sebagaimana diharapkan pemerintah daerah, setiap desa wajib memiliki program ketahanan pangan. Apalagi setiap desa mempunyai anggaran 20 persen dana desa untuk ketahanan pangan.

“Kita berdayakan masyarakat yang sudah lewat usia produktif kerja, mengelola kebun sayur desa untuk ketahanan pangan,’’ kata Rudi Hartono.

BACA JUGA:Irigasi Jebol, 50 Hektare Sawah Terancam Gagal Tanam

Selain itu ada manfaat lain yang didapat oleh lansia, yakni tetap sehat dengan bekerja di luar rumah, dan tetap bisa bersilaturahmi dengan warga seusianya.

Apalagi masyarakatnya sebut Rudi Hartono memang dikenal tidak suka hanya berdiam diri dalam rumah.

“Kita ingin para lansia tetap aktif, bersosialisasi dengan warga, bisa bermanfaat dan tentunya tetap sehat,” ujar kades dua periode ini. Sedangkan untuk lansia laki-laki merasa tetap produktif bekerja secara mandiri, enggan diberdayakan berkebun di Balai Desa.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"