HONDA

Harga TBS Sawit Berangsur Naik

Harga TBS Sawit Berangsur Naik

ilustrasi SAWIT--

ARGA MAKMUR, rakyatbengkulu.disway.id – Setelah sempat anjlok hingga ke harga Rp 900 per kilogram, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Bengkulu Utara mulai berangsur naik hingga Rp 1.250 - 1.325 per kilogram.

Kenaikan harga ini terjadi dalam tiga hari belakangan ini. Sekretaris Dinas Perkebunan BU, Desman Siboro, SH menjelaskan pihaknya terus memantau perkembangan harga TBS sawit.

Saat ini mulai terjadi kenaikan harga harian meskipun nilainya masih rendah, dan belum mencapai harga yang diinginkan petani. “Namun kita cukup lega dengan trand kenaikan saat ini. Harapannya setiap hari terus terjadi kenaikan harga,” katanya.

BACA JUGA:Pembelian TBS Masih Terbatas

Dinas Perkebunan terus meminta perusahaan menyampaikan laporan harian harga TBS sawit di masing-masing perusahaan. Hal ini untuk memastikan harga di seluruh perusahaan meskipun ada perbedaan harga.

“Perbedaan harga yang terjadi antar perusahaan masih dalam batas normal yang itu memang biasa terjadi. Namun seluruh perusahaan sudah menunjukkan kenaikan harga,” ujar Desman.

Tak hanya memantau harga di tingkat perusahaan, Pemkab BU juga melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan harga.

BACA JUGA:Di Petani, Harga TBS Rp 1.200

Hal ini mengantisipasi agat tidak ada perusahaan yang nakal dengan masih membeli TBS sawit dari petani dengan harga murah untuk meraih keuntungan besar.

“Kita tidak hanya menunggu harga tersebut naik. Bahkan Bupati sudah bertemu langsung dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, hingga menyampaikan masalah ini ke Menko Marves. Ini sebagai upaya memulihkan harga TBS sawit,” tutur Desman.(qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: