HONDA

Laos ke Final AFF U 19 Tak Sekedar Efek 'Karma', Ini Faktanya!

Laos ke Final AFF U 19 Tak Sekedar Efek 'Karma', Ini Faktanya!

Tim Laos saat mengandaskan Thailand di Semifinal. foto: tangkapan layar--

 

BUKAN kaleng - kaleng. Aksi young boys Laos di ajang piala AFF U 19 2022 kali ini, bukan sekedar efek "karma" Vietnam Vs Thailand yang akhirnya menyingkirkan Timnas Indonesia.

Sebelum menjungkalkan Thailand di semifinal dengan skor meyakinkan 2-0, Rabu (13/7) malam lalu di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Laos adalah juara grup B AFF U 19.

Di sini, Laos yang biasanya selalu menjadi bulan-bulanan tim besar di kawasan Asia Tenggara malah tampil garang tanpa sekalipun terkalahkan.

BACA JUGA: Semifinal AFF U-19: Vietnam dan Thailand 'Keok', Karma Itu Nyata Menggema di Jagad Maya

Empat kali main, empat kali pula Laos meraih kemenangan. Menang 2-0  lawan  Timor Leste, menang 2-1 lawan Kamboja. Lalu, menang 3-1 lawan Singapura, hingga Malaysia pun dibuat tak berdaya dengan kemenangan 1-0. 

Melihat perjalanan Laos, tentu tak salah jika Laos menjadi unggulan juara AFF U 19 edisi 2022.   Di laga puncak, Laos akan menghadapi Malaysia yang sudah pernah mereka kalahkan di babak awal. 

"Sejak saya di sini selama enam bulan, kami mencoba melakukan sesuatu. Yang terbaik belum datang. Kami tidak memainkan sepakbola yang sangat bagus di sebagian besar pertandingan, tetapi kami solid, dengan struktur yang bagus.

Dengan sepakbola seperti ini, kami bisa memenangkan pertandingan,” kata pelatih Laos Michael Weiss dilansir dari aseanfootball.

BACA JUGA: Video Kapolda Peluk Irjan Ferdy Sambo Bikin Haru, Komnas HAM Tolak Gabung Satgasus

Sepanjang kejuaraan pertama kali dihelat 2022, Laos tidak pernah mencapai final. Hasil terbaik Laos pada gelaran 2002, 2005 dan 2015 dengan capaian menjadi terbaik ketiga.

 

Perjalanan Laos Menuju Final AFF U -19 2022

 

3 Juli, Menang 2-0 lawan  Timor Leste

7 Juli, Menang 2-1 lawan Kamboja

9 Juli, Menang 3-1 lawan Singapura

BACA JUGA: BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia, Bengkulu Salah Satunya

11 Juli, Menang 1-0 lawan Malaysia 

Semifinal 13 Juli, menang 2-0 lawan Thailand

Final 15 Juli Lawan Malaysia? 

 

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: