HONDA

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Ditambah Istirahat Cukup dan Olahraga, Gaya Hidup Masyarakat Kekinian

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Ditambah Istirahat Cukup dan Olahraga, Gaya Hidup Masyarakat Kekinian

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Ditambah Istirahat Cukup dan Olahraga, Gaya Hidup Masyarakat Kekinian--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan dengan berbagai macam jenis makanan pokok sayur sayuran buah buahan serta susu ini mengandung banyak manfaat.

Makanan ini mengandung gizi lengkap yang baik untuk tubuh. Kandungan ini diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Makanan yang masuk dalam 4 sehat 5 sempurna dulunya merupakan kampanya dari pemerintah untuk mencukupi gizi dan menyehatkan masyarakat.

BACA JUGA:Kelainan Pada Katup Jantung, Obesitas dan Diabetes, Ganggu Sistem Peredaran Darah

Seiring berjalanannya waktu program ini menjadi gaya hidup masyarakat kekinian, yang diimbangi dengan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup dan rajin berolahraga.Makanan 4 sehat 5 sempurna harus sesuai dengan usia. Berikut yang harus dilerhatikan dalam penyesuaian takaran 4 sehat 5 sempurna.

Pertama makanan pokok. Umumnya makanan pokok bagi masyarakat Indonesia adalah nasi yang mengandung karbohidrat. Takarannya untuk usia 1 tahun 4 sendok makan, 2-3 tahun 6 sendok makan, 4-8 tahun 8 sendok makan dan 9-13 tahun 10 sendok makan.

BACA JUGA:Waspada, Bahaya Polykarbonate Menghantui Anak dan Balita, Penggunaan Galon Secara Berulang

Kedua lauk pauk. Makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya yakni lauk pauk yang menjadi makanan pendamping nasi. Biasanya mengandung protein dan lemak. Seperti daging sapi, ayam, kambing, ikan, tempe, tahu dan telur.

Ketiga sayuran. Pelengkap dari makanan empat sehat lima sempurna lainnya sayuran. Dengan berbagai jenis sayuran dan warna seperti putih, hijau, merah, orange dan masih banyak lainnya. Masing-masing mengandung vitamin A, B dan C secara berbeda. 

BACA JUGA:Muncul Jerawat di Wajahmu, Bisa Konsul ke Dokter Kulit, Yuk Mulai Jaga Kebersihan wajah

Keempat buah-buahan. Selain mengandung banyak vitamin, buah-buahan juga mengandung mineral dan serat. Buah-buahan sangat penting berperan sebagai antioksidan. Selain dapat dimakan langsung, buah-buahan juga bisa dikonsumsi dengan cara dijus.

Kelima susu. Susu merupakan makanan 4 sehat 5 sempurna terakhir yang bisa kamu konsumsi. Jenis turunannya seperti yogurt dan keju juga baik untuk tubuh. Beberapa jenis susu yang baik untuk dikonsumsi yaitu susu sapi, susu kedelai dan lainnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: