HONDA

Tanaman Bunga Pukul Delapan Ternyata Bermanfaat untuk Pengendalian Hama Ulat Api Pada Tanaman Kelapa Sawit

Tanaman Bunga Pukul Delapan Ternyata Bermanfaat untuk Pengendalian Hama Ulat Api Pada Tanaman Kelapa Sawit

Ternyata tanaman bunga pukul delapan bermanfaat untuk pengendalian hama ulat api pada tanaman kelapa sawit.--Foto: Facebook/Endhikaboelromawanto

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pada perkebunan kelapa sawit, hama ulat api merupakan salah satu musuh yang sangat ditakuti, dikarenakan serangan ulat api ini akan menurunkan produktivitas pada tanaman kelapa sawit

Walaupun masih dalam tahap pembibitan, serangan ulat api akan berdampak jangka panjang dan juga akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari produksi tanaman kelapa sawit dimasa yang akan datang.

Diketahui tanaman bunga yang bernama Bunga Pukul Delapan atau nama latinnya Turnera Subulata, merupakan salah satu tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Tanaman Bunga Pukul Delapan adalah spesies bunga dari familia Passifloraceae, yang asalnya dari Meksiko dan Hindia Barat.

BACA JUGA:Petani Wajib Pahami 3 Tahapan Pemupukan, Tanaman Kelapa Sawit Jadi Cepat Berbuah

Adapun manfaat utama dari Turnera Subulata adalah menjadi istana untuk Sycanus, yaitu sejenis predator yang membantu memangsa hama ulat api. 

Diketahui Sycanus ini menetap dan mendapatkan sumber makanan dari dalam tanaman Bunga Pukul Delapan ini.

Adapun Hama ulat api ini sering merugikan para petani kelapa sawit karena memakan dedaunan yang ada di pohon kelapa sawit dan ini mengakibatkan efek buruk kepada perkembangan tanaman kelapa sawit.

Apalagi pada tahap pembibitan, akibat serangan dari hama ulat api ini akan berdampak jangka panjang dan juga akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas produksi tanaman kelapa sawit pada waktu mendatang.

BACA JUGA:Petani Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Rontok Bunga dan Buah Pada Tanaman Kelapa Sawit 

Dikarenakan terdapat  manfaat yang dimiliki oleh Tanaman Bunga Pukul Delapan atau Turnera Subulata ini, bisa dimanfaatkan untuk pengendalian hama ulat api. 

Pada awalnya Tanaman Bunga Pukul Delapan ini  merupakan tanaman liar yang hidup disekitar perkebunan.

Akan tetapi karena tanaman ini mempunyai fungsi rumah untuk predator hama ulat api,  maka tanaman ini bisa dibudidayakan dengan secara khusus.

Adapun untuk proses pembudidayaan dan perawatan dari tanaman Bunga Pukul Delapan tergolong mudah. Tanaman ini dapat dikembangbiakkan dengan cara stek batang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: