HONDA

Manfaat Olahraga Panahan untuk Anak-anak, Olahraga Sunnah yang Melatih Fokus Hingga Mengontrol Emosi

Manfaat Olahraga Panahan untuk Anak-anak, Olahraga Sunnah yang Melatih Fokus Hingga Mengontrol Emosi

Manfaat Olahraga Panahan untuk Anak-anak, Olahraga Sunnah yang Melatih Fokus Hingga Mengontrol Emosi --Dok/rb

BENGKULU,RAKYATBENGKULU.COM - Olahraga memanah atau panahan, meski tak seperti olahraga pada umumnya yang menguras banyak kekuatan fisik, namun tetap mendapatkan manfaat tak kalah besar dengan olahraga lainnya.

Olahraga inipun merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW sesuai dengan hadist: "Ajarilah anak-anak Kalian berkuda, berenang dan memanah," Hadist riwayat Muslim.

Selain itu, olahraga memanah bagi anak-anak juga memberikan manfaat lain pada saat proses tumbuh kembangnya seperti melatih fokus, melatih kontrol keseimbangan, melatih untuk mengontrol emosi dan melatih kepercayaan diri.

Dengan belajar memanah sejak kecil kemampuan konsentrasi anak jauh lebih fokus karena terbiasa fokus dengan sasaran dengan ketajaman mata serta keseimbangan tubuh.

Sehingga olahraga memanah menjadi referensi yang tepat bagi anak-anak menjelang usia remaja.

BACA JUGA:Konsumsi Air Putih yang Cukup, Tidur dan Olahraga Teratur, Supaya Hidup Sehat dan Bahagia

Apalagi berolahraga memanah dilakukan saat hari libur sekolah, ini menjadikan relaksasi setelah sepekan melewati pelajaran di sekolah.

Memanah bagi anak-anak ini juga masuk dalam kategori olahraga prestasi dan tradisional yang sering diperlombakan. Bahkan sangat jarang sekali ekstrakurikuler di sekolah-sekolah menyediakan olahraga panahan.

Selain itu, olahraga ini juga melatih kesabaran anak-anak, sebab saat melepaskan anak panah perlu dengan kesadaran yang tepat secara terus menerus sehingga menjadi filosofi tersendiri bagi anak-anak bahwa untuk mencapai tepat sasaran bidikan memerlukan perjuangan.

Dengan olahraga ini, dapat memupuk jiwa anak-anak menjadi pribadi yang pantang menyerah namun tetap terarah ditengah pengaruh gadget atau handphone seperti saat ini.

BACA JUGA:Pola Hidup Sehat Kunci Kualitas Hidup Lebih Baik, Mulailah dengan Olahraga dan Atur Pola Tidur

Pemahaman yang tepat membuat anak-anak memiliki kepribadian yang menarik mengikuti sunnah Rasulullah ditengah hempasan pengrusakan mental anak bangsa.

Selain itu mengenalkan warisan sunnah bagi umat Islam yang harus dipupuk bagi para orang tua sehingga anak-anaknya berminat menjadi seorang pemanah handal dan berprestasi, serta menjadikan sosok Rasulullah sebagai idola.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Nabi Allah adalah orang yang sangat berpengaruh terhadap peradaban manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: