HONDA

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami: Tips Ampuh untuk Rambut Bebas Ketombe

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami: Tips Ampuh untuk Rambut Bebas Ketombe

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami: Tips Ampuh untuk Rambut Bebas Ketombe--freepik.com/freepik/rakyatbengkulu.com

4. Teh Hijau: Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi ketombe. Anda dapat menggunakan teh hijau yang telah didinginkan sebagai bilasan terakhir setelah mencuci rambut.

BACA JUGA:5 Gaya Rambut Paling Cocok Bagi Beruban di Usia Muda

5. Bawang Putih: Meskipun aromanya kuat, bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba.

Anda dapat mencampur bawang putih yang sudah dihaluskan dengan minyak kelapa dan mengoleskannya ke kulit kepala. Biarkan selama beberapa jam sebelum mencuci rambut.

Selain menggunakan bahan alami, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mengatasi ketombe secara alami yaitu : 

BACA JUGA:Gunakan Lidah Buaya dan Minyak Zaitun, Bantu Rawat Rambut Rontok Secara Alami

- Jaga Kebersihan Rambut: Cuci rambut secara teratur, tetapi jangan terlalu sering, karena mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala.

- Gunakan Sampo yang Tepat: Pilih sampo yang dirancang khusus untuk masalah ketombe. Sampo anti-ketombe mengandung bahan-bahan yang membantu mengatasi ketombe.

- Hindari Penggunaan Produk Rambut yang Berlebihan: Penggunaan produk rambut seperti gel atau hairspray yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan dan mengiritasi kulit kepala.

BACA JUGA:Ingin Disukai Wanita, Bisa Coba Potong Rambut Ala Comb Over, Mid Pade Gaya Orang Cerdas

- Perhatikan Pola Makan: Diet yang sehat dan kaya akan nutrisi dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

- Kelola Stres: Stres dapat menjadi faktor yang memperburuk ketombe. Coba teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengurangi stres.

Salah satu masalah yang menjengkelkan adalah ketombe seringkali bisa menyebabkan gatal pada kulit kepala. Gatal ini disebabkan oleh iritasi kulit akibat pengelupasan yang terjadi akibat ketombe. 

BACA JUGA:Mitos atau Fakta? Bawang Putih Bisa Mengatasi Uban

Jika terasa gatal, hindari menggaruk kulit kepala, karena itu dapat memperparah iritasi. Alihkan perhatian dari gatal dengan menerapkan bahan alami seperti minyak kelapa atau gel lidah buaya pada kulit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: