HONDA

Bukan Cuma Mengobati Kesurupan, Inilah Deretan Manfaat Lain Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh

Bukan Cuma Mengobati Kesurupan, Inilah Deretan Manfaat Lain Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh

Bukan Cuma Mengobati Kesurupan, Inilah Deretan Manfaat Lain Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh --Dok/rb

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tanaman Bidara yang dikenal juga sebagai Chinese Apple atau Indian Plum ataupun Jujube, merupakan tanaman asli dari benua Asia.

Adapun tanaman bidara ini merupakan sejenis pohon kecil yang selalu hijau dan mempunyai buah, memiliki bentuk daun yang menyirip dan memiliki tulang daun. Hampir mirip dengan daun jeruk nipis tetapi ukurannya lebih kecil.

Daun bidara mempunyai kandungan penting untuk kesehatan tubuh manusia. Dimana, daun bidara ini mempunyai sifat antibakteri dan juga antioksidan yang bisa meningkatkan efek peningkatan untuk kesehatan.

Selain itu, kandungan yang terdapat di dalam daun bidara ini terdiri dari flavonoid, polifenol, alkaloid siklopeptida, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, serta asam lemak tak jenuh ganda.

BACA JUGA:Kaya Vitamin dan Mineral, Ternyata Ini Deretan Manfaat Buah Melinjo untuk Kesehatan

Selanjutnya, daun bidara ini dipercayai bisa meningkatkan kesehatan tulang dan juga gigi, karena daun bidara ini mempunyai kandungan kalsium mineral yang sangat tinggi. 

Karena itulah daun bidara bisa menjadi solusi agar gigi dan tulang tidak mudah keropos. 

Selain itu daun bidara juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh manusia, kalau ingin menurunkan kadar kolesterol di tubuh cukup merebus daun bidara ini dengan air kemudian meminum air rebusan tersebut.

Daun bidara ini bisa mengikat kolesterol tersebut ke sistem pencernaan, sehingga tingkat kadar kolesterol di dalam tubuh tidak mencapai 240 mg/dl.

BACA JUGA:Bukan hanya Kesehatan Fisik, Kesehatan Mental juga Penting untuk Dijaga

Terdapat sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri pada daun bidara yang bisa membantu penyembuhan bekas luka, daun bidara bisa digunakan untuk mengobati bekas luka, luka gores, lecet, dan kondisi lainnya.

Manfaat selanjutnya dari daun bidara ini bisa mengobati masalah pada sistem pencernaan, dimana daun bidara ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit maag.

Karena daun bidara ini bisa menghilangkan racun didalam saluran pencernaan, membantu mengatasi masalah pencernaan, dan juga menangkal infeksi.

Adapun manfaat daun bidara berikutnya bisa mencegah penyakit diabetes. Tanaman bidara ini dipercayai mampu menurunkan kadar gula darah pada dalam tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: