HONDA

Bukan Cuma Hemat Energi, Ini 6 Alasan Kenapa Kita Harus Menghemat Penggunaan Air

Bukan Cuma Hemat Energi, Ini 6 Alasan Kenapa Kita Harus Menghemat Penggunaan Air

Ini 6 alasan kenapa kita harus menghemat penggunaan air, bukan cuma hemat energi.--Foto: Ilustrasi pexels.com/Dominika Roseclay

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hampir 70% di muka bumi terdiri dari air. Air adalah  salah sumber daya yang dapat diperbarui melalui siklus hujan. Kenapa kita tetap perlu menghemat air?

Sebanyak 97,5% sumber air yang ada di dunia adalah air asin, sedangkan air tawar yang bersih dan segar adalah sumber yang sangat terbatas.

Maka bila terjadi musim kemarau dan kekeringan panjang yang terjadi di dunia, persediaan air tawar yang sangat terbatas menjadi salah satu sumber daya kita yang sangat berharga.

Setiap makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan air untuk bertahan hidup. Tanpa air, banyak dari makhluk hidup akan jatuh sakit dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

BACA JUGA:Pohon di Lingkungan Perkotaan, Mampu Atasi Banjir dan Menyerap Air

Mengingat setiap individu tergantung pada air untuk kelangsungan hidup dan mata pencaharian, maka kita harus belajar bagaimana menjaga persediaan air di muka bumi.

Berikut ini 6 alasan mengapa kita harus menjaga dan menghemat menggunaan air, antara lain:

1. Menggunakannya tidak terbatas

Kita menggunakan air setiap hari dalam hidup hampir dalam semua keperluan seperti mandi, mencuci, memasak, minum, dan keperluan lainnya yang tak terhingga jumlahnya.

Intinya, kita memerlukan air untuk beraktivitas dan kebiasaan yang kita gunakan secara rutin. Apabila Jika kita ingin terus menjaga tubuh kita tetap sehat, bersih, dan lainnya sangat perlu menghemat air bersih.

BACA JUGA:Catat ! 8 Tips Menghemat Energi Listrik di Rumah, Hemat Tagihan, Tidak Bikin Kantong Anda Jebol

2. Air bisa menumbuhkan makanan 

Sayur dan buah-buahan serta produk lainnya membutuhkan air untuk tumbuh. Tetapi jika lahan tersebut mengalami kekurangan air, bagaimana makanan akan tumbuh dengan baik. 

Hal ini dapat membuat hidup berkelanjutan menjadi sulit karena sektor yang menderita kekeringan akan menjadi tidak berguna karena tanaman apa pun tidak akan dapat tumbuh. Tanpa air dan penduduk akan kelaparan dan mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: