HONDA

Punya Hewan Peliharaan? Hati-hati, Berikut 7 Penyakit yang Bisa Ditularkan ke Manusia, Ada yang Berbahaya

Punya Hewan Peliharaan? Hati-hati, Berikut 7 Penyakit yang Bisa Ditularkan ke Manusia, Ada yang Berbahaya

Punya Hewan Peliharaan? Hati-hati, Berikut 7 Penyakit yang Bisa Ditularkan ke Manusia, Ada yang Berbahaya--ilustrasi foto: freepik.com/prostooleh

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hewan peliharaan dapat menjadi sumber penularan beberapa penyakit kepada manusia

Beberapa penyakit tersebut dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit yang dapat ada pada hewan peliharaan.

Bakteri, virus, jamur, atau parasit yang menyebabkan penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung atau melalui lingkungan yang terkontaminasi.

Bagi Kamu yang suka memelihara hewan peliharaan, penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan dengan memberikan perawatan yang baik.

BACA JUGA:Hampir Punah, Beberapa Jenis Kucing Ini Bukan Merupakan Hewan Peliharaan

Selain itu ingat selalu untuk memastikan vaksinasi yang tepat, dan menjalani pemeriksaan kesehatan rutin bersama dokter hewan. 

Sebagai bentuk kesadaran memelihara hewan dan menjaga kebersiha, lakukan praktik-praktik seperti mencuci tangan setelah berinteraksi dengan hewan peliharaan, sebab ini dapat membantu mencegah penularan penyakit.

Nah, untuk Kamu yang suka memelihara hewan berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui hewan peliharaan, antara lain:

1. Toxoplasmosis

BACA JUGA:Lembuswana, Hewan Mitologi yang Disucikan Sebagai Lambang Kerajaan Kutai

Penyakit ini disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii, umumnya terkait dengan kontak dengan kotoran kucing.

Bagi wanita hamil dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, perlu hati-hati, sebab kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

2. Salmonellosis

Bakteri Salmonella dapat ditularkan melalui kontak dengan kotoran hewan peliharaan, terutama reptil seperti kura-kura dan reptil lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: