BANNER KPU
HONDA

Kopi Arabika atau Robusta, Manakah yang Lebih Aman di Lambung?

Kopi Arabika atau Robusta, Manakah yang Lebih Aman di Lambung?

Manakah yang lebih aman di lambung, kopi Arabika atau Robusta?--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bagi kamu yang mempunyai kebiasaan meminum kopi, tentu saja tahu kalau biji kopi tidak hanya satu jenis saja.

Namun demikian, terkadang kebanyakan dari kita tidak mempedulikan biji kopi yang mana kita minum, hal tersebutlah yang membuat kita tidak tahu jenis biji kopi itu apa saja.

Umumnya biji kopi dibagi dua jenis, yaitu kopi robusta dan arabika, adapun perbedaan antara kopi robusta dan kopi arabika yang paling jelas adalah terdapat di rasanya.

Kopi robusta mempunyai rasa yang sangat pahit, sedangkan Kopi arabika mempunyai rasa manis. Berikut 9 perbedaan Kopi robusta dengan Kopi arabika, adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:7 Hal Ini yang Bikin Orang Tidak Dianjurkan Minum Kopi

1. Dari rasa

Kopi robusta memiliki variasi rasa yang kuat dan tajam, bahkan sering dikatakan mempunyai rasa seperti gandum.

Biji kopi robusta sebelum disangrai memiliki aroma seperti kacang-kacangan, hal inilah yang menyebabkan kopi robusta mempunyai kualitas di bawah kopi arabika.

Namun demikian, jenis kopi robusta tidak semuanya mempunyai kualitas yang rendah, ada juga yang mempunyai kualitas yang tinggi dan berharga tinggi, tetapi cukup sulit untuk menemukan jenisnya.

Sedangkan kopi arabika mempunyai variasai rasa yang sangat beragam, hal ini tergantung dari jenisnya. Adapun rasa dari kopi arabika ini mulai dari rasa yang manis lembut sampai yang kuat serta tajam.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan Tubuh

Kopi arabika sebelum disangrai mempunyai aroma seperti blueberry, namun setelah disangrai mempunyai aroma seperti buah-buahan yang manis.

2. Dari kadar kafein

Kopi robusta mempunyai kadar kafein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi arabika. Adapun kadar kafein pada kopi robusta sekitar 2,2 persen, sedangkan pada kopi arabika 1,2 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: