HONDA

Keindahan Danau Bermanei Curup, Lokasi Favorit Santai Sore Sambil Berburu Spot Foto Menarik

Keindahan Danau Bermanei Curup, Lokasi Favorit Santai Sore Sambil Berburu Spot Foto Menarik

Lokasi favorit santai sore sambil berburu spot foto menarik sembari menikmati keindahan Danau Bermanei Curup.--Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Danau Bermanei atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Danau Talang Kering (Talker) terletak di pinggir jalan Lintas Curup - Muara Aman tepatnya di Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara.

Danau ini memang tak seluas dengan Danau Mas Harun di Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong.

Danau Talker ini sendiri juga telah menjalani berbagai pembenahan yang digarap pada tahun 2009 lalu dengan membuat tanggul-tanggul beton yang mengelilingi danau.

Sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul santai sore hingga memancing. Danau ini juga menyajikan pemandangan yang cukup indah yaitu berupa panorama keindahan Bukit Barisan yang dapat dilihat dengan jelas.

BACA JUGA:Ilmuwan Temukan Desa Paling Tua di Dunia Ada di Dasar Danau Ohrid Eropa

Jernih dan tenangnya air danau ini berpadu dengan hijaunya Bukit Barisan.

Wakil Bupati Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah, SH bersama Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Surya, ST, Rabu, 29 November 2023 meresmikan destinasi wisata danau Bermanei tak jauh dari pusat Kota Curup.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong mengapresiasi Pemerintah Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara yang telah mengelola Danau Bermanei ini sehingga lebih indah dan menjadi destinasi wisata yang mudah dijangkau karena tak jauh dari pusat Kota Curup," ungkap Wabup Hendra. 

Wabup Hendra berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang mengelola Danau Bermanei dapat menarik wisatawan atau pengendara  yang melintas dari arah Curup ke Muara Aman untuk istirahat dan menikmati pemandangan Danau Bermanei.

BACA JUGA:Pantai Danau Gedang: Pesona Wisata Alam Paling Indah di Bengkulu Tengah, Danau dan Pantai Saling Berdampingan

"Bagi pengunjung yang ingin bersantai, jogging track atau untuk istirahat atau sekedar ngopi sambil memancing. Mari kita manfaatkan melewati weekend untuk bersantai setelah 5 hari melakukan aktivitas pekerjaan apalagi ini sudah resmi dikelola BUMDES Desa Pahlawan," ajak Wabup Hendra. 

Sementara itu, Wakil Ketua 1 DPRD Rejang Lebong, Surya, ST sangat mendorong masyarakat desa untuk mengembangkan potensi-potensi Desa yang ada. Apalagi setiap tahun Provinsi Bengkulu menggelar lomba desa wisata. 

"Daerah kita tidak kalah dengan objek wisata yang ada di daerah lain. Tinggal pemahaman dan pola pikir kita untuk terus berkembang dalam mengembangkan potensi setiap desa. Apalagi juga didukung dengan dana desa yang hampir Rp1 miliar satu desa dan bisa dikelola kelompok sadar wisata dan BUMDES untuk menghasil pendapatan asli Desa," ujar Surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: