BANNER KPU
HONDA

Tak Cuma Bisa Dijadikan Shampo Alami, Lempuyang Ternyata Bermanfaat Sebagai Anti Kanker

Tak Cuma Bisa Dijadikan Shampo Alami, Lempuyang Ternyata Bermanfaat Sebagai Anti Kanker

Tak Cuma Bisa Dijadikan Shampo Alami, Lempuyang Ternyata Bermanfaat Sebagai Anti Kanker--

BENGKULU, RAKYATBENGKULU COM - Lempuyang merupakan tanaman herbal dari keluarga Zingiberaceaen, tumbuh subur di negara tropis seperti di Indonesia. Lempuyang juga dikenal dengan nama jahe pahit, jahe sampo atau jahe pinus.

Ada dua jenis lempuyang yang paling terkenal, yakni lempuyang gajah (Zingiber zerumbet) dan lempuyang emprit (Zingiber littorale Val) yang memiliki citarasa rasa pedas menthol.

Tanaman ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari India dan telah dibudidayakan di Hawai.

Tanaman yang berbentuk eksotis dan indah berwarna merah ini muncul dari pangkal tanaman, hampir serupa dengan kecombrang. Bunganya mirip dengan bunga pohon Pinus.

BACA JUGA:Tak Disangka! Tanaman Tempuyung Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Ginjal

Anda bisa memeras bunga lempuyang untuk mendapatkan shampo alami yang berbentuk seperti jeli encer. Gel ini siap digunakan untuk shampo menthol alami yang memberikan efek halus untuk rambut dan mencegah ketombe.

Untuk menanamnya pun tidak terlalu susah, namun lempuyang menyukai tempat atau lokasi yang lembab. Anda bisa memanfaatkan umbi yang diambil beserta akar dan batangnya yang muda untuk ditanam kembali.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai shampo menthol alami, rimpang atau umbinya bisa dimanfaatkan untuk obat herbal. Karena lempuyang mengandung minyak menguap, seperti humulene dan camphene. Selain itu, tanaman ini juga mengandung senyawa saponin, flavonoid dan polifenol.

Lempuyang juga mengandung komponen fenolik, tanin, asam amino, karbohidrat dan alkaloid. Diantara beberapa manfaat dari rimpang lempuyang juga bisa menyehatkan saluran cerna.

BACA JUGA:Masker Bengkoang untuk Kulit Cerah: Rahasia Manfaat Luar Biasa untuk Kecantikan

Dengan mengonsumsi lempuyang, manfaat kesehatan yang akan didapat antara lain menambah nafsu makan, meringankan gejala disentri, dan mengeluarkan gas pada perut kembung.

Selain itu, banyak juga orang yang memanfaatkan lempuyang sebagai obat pelangsing. Sebagai tambahan, tanaman ini juga dapat direbus seperti jahe, kemudian air rebusan lempuyang dapat diminum untuk menghangatkan badan.

Penelitian terhadap ekstrak etanol dari lempuyang juga membuktikan bahwa tanaman ini memilki sifat analgesik yang artinya dapat meredakan sakit kepala.

Lempuyang juga memiliki sifat antipiretik karena mampu menghambat inflamasi akibat produksi prostaglandin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: