HONDA

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Ini Faktor Penyebab yang Harus Diperhatikan

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Ini Faktor Penyebab yang Harus Diperhatikan

Ini faktor penyebab yang harus diperhatikan untuk cegah kecelakaan lalu lintas.--Foto: Freepik.com/fxquadro

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Beberapa waktu belakangan di sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu lagi marak-maraknya terjadi kecelakaan lalu lintas.

Kebanyakan dialami oleh kendaraan yang bermuatan besar, seperti truk dan bus. Sungguh menjadi hal yang miris ketika di jalan raya beberapa oknum abai atas keselamatan dirinya dan orang lain.

Meskipun tidak ada yang bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas untuk itu perlu dipersiapkan dan ditinjau ulang kemampuan dalam menjalankan kendaraan serta persiapan atas kendaraan itu sendiri. 

Maka dari itu berikut faktor-faktor penyebab yang paling umum dalam kecelakaan lalu lintas yang harus menjadi perhatian dalam berkendara:

BACA JUGA:Kecelakaan Maut Tronton Vs Kijang, 6 Meninggal, 1 Dirujuk ke Rumah Sakit, 1 Balita Selamat

1. Faktor Kelalaian Manusia

Kelalaian manusia menjadi faktor utama dalam terjadinya kecelakaan lalu lintas. Berbagai tindakan tidak patuh terhadap peraturan lalu lintas seperti melanggar batas kecepatan, menerobos lampu merah, atau tidak menggunakan sabuk pengaman sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 

Selain itu, penggunaan ponsel saat mengemudi yang jelas tidak boleh dilakukan harus menjadi perhatian penting. Selain itu, mengemudi dalam keadaan mabuk, atau terpengaruh obat-obatan juga meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA:Ini ! Misteri Jalinbar yang Bersebelahan Pagar Bandara Mukomuko, Banyak Meminta Korban Kecelakaan

2. Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan juga menjadi penyebab kecelakaan dimana kendaraan yang tidak dijaga dengan baik juga menjadi faktor yang signifikan.

Kendaraan yang dijalankan harus siap atas kondisinya seperti rem yang aus, ban yang botak, sistem penerangan yang tidak berfungsi, atau masalah lainnya mestinya sebelum berkendara sudah dilakukan pengecekan dan perawatan.

Perawatan dan pemeliharaan kendaraan secara rutin sangat penting ini untuk meminimalisir kemungkinan atas rawannya kecelakaan. 

BACA JUGA:Jenis Kecelakaan Lalu Lintas yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Cek Persyaratan dan Kriterianya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"