HONDA

4 Daerah Basis Agama Yahudi di Indonesia, Selain Sulawesi Utara, Jakarta dan Surabaya, Juga Ada di Sini !

4 Daerah Basis Agama Yahudi di Indonesia, Selain Sulawesi Utara, Jakarta dan Surabaya, Juga Ada di Sini !

Menara Kaki Dian, adalah menara tujuh kaki Dian yang berdiri di Minahasa Utara tahun 2015.--DOK/RB

BENGKUlU, RAKYATBENGKULU.COM - Ternyata basis agama Yahudi di Indonesia tidak hanya di tiga daerah yang dikenal selama ini. Selain Sulawesi Utara, Jakarta dan Surabaya, juga ada di sini ! Jayapura, juga menjadi basis dari agama Yahudi di Indonsia. Alhasil, ada 4 daerah basis agama Yahudi di Indonesia.  

BACA JUGA:Yahudi Indentik Israel, Ternyata Penganut Yudaisme Ini Sudah Ada di Indonesia Sejak 1800, Ini Faktanya !

4 daerah basis agama Yahudi di Indonesia, akan diuraikan rakyatbengkulu.com, pada artikel ini. Diawali dari komunitas Yahudi di Sulawesi Utara yang memiliki Sinagoge yang luar biasa bagus dan megah. 

BACA JUGA:Mahira Pray For Palestina, Angkat Sejarah Kaum Yahudi Menumpang, Pembantaian Rakyat Oleh Zeonis

Penganut Yahudi di Sulawesi Utara


Penganut Yahudi atau Yudaisme di Sulawesi Utyara sedang beribadah. Mereka sebagian besar keturunan dari orang Belanda. --DOK/RB

BACA JUGA:Pantas Benci Yahudi, Sekarang Dunia Tahu Mengapa Hitler Bantai Yahudi

Sulawesi Utara, adalah basis agama Yahudi di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Mereka yang beragama Yahudi atau Yudaisme ini adalah sebagian besar keturunan dari Orang Belanda. Beberapa di antaranya juga warga lokal yang bermigrasi ke agama Yahudi atau menjadi penganut Yudaisme.

BACA JUGA:Sisi Gelap Dunia One Piece yang Terjadi di Dunia Nyata, Israel Sedang Melakukan Genosida Pada Palestina

Penganut Yudaisme di Sulawesi Utara ini sebenarnya bermukim Minahasa, sebuah kabupaten di Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan Manado, ibukota provinsi ini. Di Tondano ibukota Kabupaten Minahasa, berdiri Shaar Hashamayim Sinagogue, tempat ibadah terbuka bagi agama Yahudi atau Yudaisme. 

BACA JUGA:Gencatan Senjata Berakhir, Gaza Kembali Mencekam, Israel Buat Selebaran agar Warga Gaza Selatan Mengungsi

Saat ini, Shaar Hashamayim Sinagogue, adalah satu-satunya sinagoge terbuka di Indonesia. Apalagi masyarakat Sulawesi Utara sangat wellcome dengan penganut Yudaisme ini. Pemerintah Kabupaten Minahasa pun sangat mensupport dan meresmikan langsung Shaar Hashamayim Sinagogue ini pada tahun 2019. 

BACA JUGA:Jelang Kesepakatan Gencatan Senjata, Israel Menggila Terus Bombardir Gaza

Di Sulawesi Utara ini bukan hanya berdiri Sinagoge sebagai tempat ibadah pengikut Yahudi yang menganut Yudaisme. Tetapi juga berdiri Menara Kaki Dian. Menara tujuh kaki Dian ini berdiri di Minahasa Utara pada tahun 2015. Juga ada museum Holocaust yang berada tepat di sebelah Shaar Hashamayim Sinagogue. Museum ini juga sudah diresmikan oleh Bupati Minahasa pada tahun 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: