HONDA

Tiktok Shop Comback Gandeng Tokopedia, Bagaimana Nasib Pedagang UMKM?

Tiktok Shop Comback Gandeng Tokopedia, Bagaimana Nasib Pedagang UMKM?

Tiktok Shop Comback Gandeng Tokopedia, Bagaimana Nasib Pedagang UMKM?--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.ComTikTok Shop resmi mulai beroperasi di Indonesia pada hari ini, Selasa (12/12) bekerjasama dengan Tokopedia.

Kerjasama ini pada akhirnya akan menggabungkan bisnis TikTok Shop dengan Tokopedia di bawah naungan PT Tokopedia. 

BACA JUGA:Proyek APBN 2024 di Bengkulu 39 Miliar Dilelang! Berminat? Ini Rincian Paketnya

Ini diperkirakan akan semakin memperketat persaingan industri e-commerce. Kemitraan ini terjalin setelah TikTok menyuntikkan modal sebesar US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,2 triliun (kurs Rp 15.486), ke PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. 

Fungsi layanan belanja pada aplikasi TikTok resmi dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia. Namun, beberapa pihak mengingatkan pemerintah, bahwa regulasi harus diatur dengan baik agar maraknya e-commerce di Tanah Air tidak mematikan UMKM. 

BACA JUGA:Ini Dia! Honda Scoopy Stylo 160, Matic Terbaru yang Bikin Pengendara Semakin Bergaya

Terutama saat ini produk yang dijual lebih banyak produk impor dibanding produk lokal. Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menegaskan agar TikTok dan GoTo mematuhi regulasi di Indonesia.

Khususnya tentang Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang mengatur tentang Perizinan Perusahaan, Periklanan dan Pengawasan Pelaku Usaha melalui Sistem Elektronik (PMSE).

BACA JUGA:Perlu Tahu! Inilah 7 Manfaat Omega-3, Jaga Kesehatan Jantung Hingga Imunitas Tubuh

Salah satu pertimbangan terpenting dari kemitraan strategis antara kedua perusahaan adalah pesatnya perkembangan bisnis yang dinamis di kawasan live commerce.

Tokopedia menegaskan penjualan dan transaksi jual beli akan tetap berjalan seperti biasa bagi mitra usaha Tokopedia. Melalui kolaborasi ini, pedagang dapat memperluas jangkauan konsumen sehingga meningkatkan peluang mereka.

BACA JUGA:Kabar Bahagia! TikTok Shop Buka Lagi 12.12 dengan Campaign Beli Lokal, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Kolaborasi ini dianggap sebagai upaya lebih lanjut untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih besar. Hal ini memperluas potensi jangkauan pembeli sehingga dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran bagi seluruh mitra penjual Tokopedia.

Saat ini pengguna TikTok di Indonesia sudah mencapai sekitar 106 juta pengguna, terbesar kedua di dunia menurut data Nailul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: