HONDA

Rumput Laut Kaur Melimpah, Jadi Lalapan hingga Obat, Berikut 5 Khasiat yang Perlu Anda Ketahui

Rumput Laut Kaur Melimpah, Jadi Lalapan hingga Obat, Berikut 5 Khasiat yang Perlu Anda Ketahui

Rumput Laut Kaur Melimpah, Jadi Lalapan hingga Obat, Berikut 5 Khasiat yang Perlu Anda Ketahui --DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pesisir pantai Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu yang begitu luas tidak hanya memiliki kekayaan berupa ikan. Rumput laut di Kabupaten Kaur juga melimpah dan selama ini masih menjadi lalapan.

BACA JUGA: Budidaya Rumput Laut di Kaur Tak Cocok, Ini Alasannya

BACA JUGA:Wajib Dicoba! Makanan Pembersih Ginjal, Ada Rumput Laut, Lemon dan Jeruk

Padahal khasiat rumput laut ini sangat luar biasa. Bukan hanya menjadi lalapan, rumput laut pun banyak digunakan orang sebagai obat. Apa saja khasiatnya? Berikut, rakyatbengkulu.com, akan mengulas 5 khasiat rumput laut yang perlu Anda ketahui.  

Namun sebelumnya, Anda perlu tahu bahwa rumput laut di Kabupaten Kaur yang sering menjadi lalapan adalah rumput laut basah. Meski demikian, warga Kabupaten Kaur pun banyak yang menyimpang rumput laut kering untuk dijual.

BACA JUGA:Masker Organik Biji Habatusauda, Rumput Laut dan Madu By dr. Zaidul Akbar: Bisa Bikin Kulit Lembut dan Cerah

BACA JUGA:Mau Snorkeling Tak Perlu Jauh, Pulau Tikus Punya Alam Bawah Laut yang Indah

Pesisir pantai di Kecamatan Tetap, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, hampir seluruh pesisir pantai menjadi tempat tumbuh rumput laut. Potensi ini pun dijadikan warga setempat sebagai mata pencaharian. Masyarakat mengumpulkan rumput laut itu untuk dijual. 

Diakui Yopan Wahyudi, warga Desa Tanjung Bunga Kecamatan Tetap, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, bahwa dalam kesehariannya, ia menjadi pencari rumput laut untuk dijual. Ketika musim rumput laut tiba, ia bisa mendapatkan 2 - 3 karung rumput laut tempo 1 hari. 

"Sekarang sedang musim. Hasil didapatkan lumayan," kata Yopan Wahyudi. 

BACA JUGA:Alhamdulillah! Gaji PPPK Tahun 2024 Nusa Tenggara Barat 414 Miliar: Bima Terbesar

BACA JUGA:Gaji PPPK Tahun 2024 Bali 402 Miliar: Terbesar Kabupaten Badung dan Tabanan,

Pencari rumput laut di pesisir pantai, kata Yopan Wahyudi, bukan hanya ia sendiri. Warga desa yang berprofesi sebagai pencari rumput laut cukup banyak guna memenuhi kebutuhan ekonomi. Jenis rumput laut yang diambil adalah rumput laut gadis. Rumput laut jenis ini dikeringkan terlebih dahulu, baru dijual.

Harga jual rumput laut kering jenis ini memang tidak terlalu tinggi. Harga jualnya hanya Rp 5 ribu per kilogram. Meski harga jual rendah, ia menganggap masih lumayan sebagai tambahan penghasilan. Biasanya penjualan dilakukan 1 kali dalam satu minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: