HONDA

Tak Hanya Memikat, Batu Akik Sungai Dareh Ternyata Memiliki 6 Khasiat

Tak Hanya Memikat, Batu Akik Sungai Dareh Ternyata Memiliki 6 Khasiat

Batu akik sungai dareh ternyata memiliki 6 khasiat, tak hanya memikat. --Foto: Facebook.com/Semestagembira

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COMBatu akik sungai dareh merupakan batu akik yang berasal dari daerah Padang Sumatera Barat. Tak hanya memikat, batu akik sungai dareh ternyata memiliki 6 khasiat. 

Batu akik ini dikenal juga dengan sebutan nama lumuik kandi, giok sungai kandi dan juga giok Sumatera. Batu akik sungai dareh ini ditemukan di tahun 1970-an silam.

Menurut cerita dari mulut ke mulut, diceritakan kalau batu akik sungai dareh ini ditemukan di sepanjang sungai kandi dan bukit puti bungsu di daerah Solok Selatan, karena itulah batu akik sungai dareh ini dinamakan giok sungai kandi. 

Berdasarkan sumber lain mengungkapkan batu akik sungai dareh ini dengan jenis yang sama juga ditemukan di sepanjang aliran sungai dareh di daerah Dharmasraya.

BACA JUGA:WOW! Batu Akik Kinyang Air Berkhasiat untuk Kesehatan dan Kehidupan

Sehingga warga lokal di sana menamakan batu akik ini dengan nama lumuik sungai dareh. Diketahui batu akik sungai dareh ini memiliki warna hijau, kuning, warna pokat, warna ketimun, hitam, dan lainnya.

Tetapi ada dua jenis batu akik sungai dareh yang sangat populer yaitu batu akik sungai dareh kumbang janti, batu akik sungai dareh pucuk pisang dan batu akik badai salju. 

Batu akik ini mempunyai totol totol lumut yang terdapat di dalamnya atau yang disebut juga dengan totol sayur dan totol gerimis.

Batu akik sungai dareh kumbang janti dan batu akik sungai dareh pucuk pisang dengan kualitas super adalah batu akik yang paling banyak dicari para kolektor batu akik. 

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Batu Akik Lavender: Fakta dan Khasiat Mengagumkan

Adapun untuk harga batu akik ini mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah tergantung juga dengan jenis dan juga kualitasnya. 

Batu akik sungai dareh ini mempunyai kekerasan yang cukup tinggi yaitu 7 skala mohs.  

Konon katanya, kalau mantan Presiden SBY dan mantan Presiden Amerika Barrack Obama pernah memakai batu akik ini.

Batu akik sungai dareh memiliki beberapa manfaat dan Khasiat yang diyakini, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: