HONDA

Mitos Mengantongi Batu Ketika Kebelet BAB, Bagaimana Pembuktian Ilmiahnya?

Mitos Mengantongi Batu Ketika Kebelet BAB, Bagaimana Pembuktian Ilmiahnya?

Bagaimana pembuktian ilmiahnya mengenai mitos mengantongi batu ketika kebelet BAB?--Foto: Freepik.com/Wirestock

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COMMitos mengantongi atau menggenggam batu kecil ke dalam saku celana ketika kebelet BAB atau buang air besar di situasi mendesak diyakini bisa menghilangkan rasa atau keinginan BAB.

Adapun ini merupakan salah satu mitos yang berasal dari nenek moyang yang pada saat ini masih dipercaya mujarab secara turun-temurun.

Mitos mengantongi batu untuk menghambat rasa kebelet BAB ini masih sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Akan tetapi anehnya, walaupun belum ada penelitian ilmiah yang menjelaskan secara rinci hal ini, namun mitos yang unik ini banyak terbukti.

BACA JUGA:Bahaya Menggunakan Bedak Bayi untuk Dewasa: Mitos dan Fakta yang Perlu Diketahui

Adapun kebelet BAB ini memang tidak dapat di tebak, dimana datangnya bisa kapan saja dan dimana saja dan juga ketika berada di tengah aktivitas yang mendesak.

Oleh karena itu, ketika kebelet banget maka keyakinan dengan mitos mengantongi batu di saku celana ini menjadi jalan satu-satunya.

Tidak hanya mitos mengantongi batu di saku celana saja, ada juga banyak mitos peninggalan nenek moyang yang sampai pada saat ini masih diyakini oleh sebagian masyarakat.

Adapun beberapa di antaranya seperti ketika ada kupu-kupu masuk ke dalam rumah, dimana diyakini akan ada tamu yang datang, atau juga seperti jangan duduk di pintu nanti jodoh akan telat datang.

BACA JUGA:8 Mitos yang Masih Berkembang di Masyarakat, Duduk di Atas Bantal Bisa Bisulan

Selain itu ada juga mitos lain seperti larangan untuk duduk di atas bantal atau nanti bisa bisulan, sampai jangan ke luar rumah ketika menjelang magrib atau nanti akan dibawa mahluk halus.

Apa benar atau tidak dan sejak dari kapan berlakunya mitos-mitos ini, tetapi beberapa mitos tersebut masih diyakini dan dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia di zaman era digital pada saat ini.

Kembali lagi ke masalah kebelet BAB tadi, ada beberapa tips yang lebih masuk akal daripada mengantongi batu di saku celana.

Beberapa tips ini bisa membantu menahan kebelet BAB ketika berada pada situasi darurat, hingga mendapatkan toilet yang memadai, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: