HONDA

Bupati Kepahiang Bersama TNI Tanam Demplot Kopi, Target Jangkau Pasar Kopi Dunia

Bupati Kepahiang Bersama TNI Tanam Demplot Kopi, Target Jangkau Pasar Kopi Dunia

Bupati Kepahiang Bersama TNI Tanam Demplot Kopi, Target Jangkau Pasar Kopi Dunia--Dokumen/rakyatbengkulu

KEPAHIANG, RAKYATBENGKULU.COM - Bupati Kepahiang, Ir. Hidayatullah Sjahid MM bersama jajaran Korem 041 Garuda Emas secara simbolis melakukan penanaman bibit kopi robusta di Desa Babakan Bogor Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Jumat 29 Desember 2023. 

Penanaman bibit kopi unggul sehasen di lahan seluas 2 hektar ini juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini merupakan demplot perkebunan kopi ke 2 di Kabupaten Kepahiang dengan target hasilnya nanti bisa menjangkau pasar kopi dunia.

Bupati Kepahiang, Ir. Hidayatullah Sjahid MM menyampaikan iklim di Kabupaten Kepahiang sangat mendukung perkebunan kopi robusta maupun arabika dan rata-rata penduduk Kabupaten Kepahiang merupakan petani sehingga sangat potensial karena iklim dan tanah yang subur.

BACA JUGA:Wajib Tahu ! Inilah 7 Manfaat Konsumsi Kopi Pahit untuk Kesehatan

"Kita bersama TNI melakukan tanam bersama demplot kopi yang ke 2, yang mana ini merupakan program unggulan kita di bidang pertanian untuk meningkatkan produksi kopi berkualitas dengan target kopi Kepahiang bisa tembus ke pasar kopi dunia," ungkap Bupati Hidayatullah.

Disebutkannya, jika demplot kopi ini berhasil akan ada motivasi di tengah-tengah masyarakat Kepahiang khususnya untuk petani kopi, agar kedepannya dapat terus dikembangkan budidayanya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dengan target produksi 2,5 ton per hektar.

"Tidak muluk-muluk ditarget 2,5 ton per hektarnya, metode perawatan akan dimentori oleh PPL Dinas pertanian Kabupaten Kepahiang kepada para petani nantinya bagaimana pemupukan,

perawatan hingga ke proses pemetikan merah dan metode jemur pemilihannya biji kopi yang berkualitas nantinya sehingga kopi Kepahiang bisa masuk ke pasar kopi dunia yang tentunya ada standar," terangnya. 

BACA JUGA:Keindahan Batik Motif Kopi Pecah Khas Banyuwangi: Kopi Menyatu dalam Dunia Batik

Sementara itu, Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Inf M Renaldy Herbowo dalam kegiatan ini pihaknya langsung terjun ke lapangan lantaran ini merupakan kepentingan masyarakat.

Ia juga berharap kopi Kabupaten Kepahiang dapat menjangkau pasar dunia dan memiliki daya tarik dengan kualitas bersaing.

"Kita membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas kopi dan kita targetkan kopi kepahiang dapat menjangkau pasar dunia serta memiliki daya tarik tersendiri, sehingga para petani kopi jauh lebih sejahtera," singkat Dandim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"