HONDA

Ini ! 5 Cara Mengendalikan Orang dengan Emosi Berlebihan, atau Sering Disebut Sumbu Pendek

Ini ! 5 Cara Mengendalikan Orang dengan Emosi Berlebihan, atau Sering Disebut Sumbu Pendek

Ini ! 5 Cara Mengendalikan Orang dengan Emosi Berlebihan, atau Sering Disebut Sumbu Pendek--DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Emosi seseorang tentunya berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Terkadang ada orang yang memiliki Emosi berlebihan, atau sering disebut sumbu pendek. Lalu bagaimana cara mengendalikan orang yang memiliki Emosi berlebihan atau disebut sumbu pendek? 

BACA JUGA:Butuh Konsentrasi Penuh, Dapat Meningkatkan Keterampilan Koognitif, Membantu Mengelola Emosi

BACA JUGA:Manfaat Olahraga Panahan untuk Anak-anak, Olahraga Sunnah yang Melatih Fokus Hingga Mengontrol Emosi

Selama ini pemahaman tentang emosi adalah wujud dari bentuk kemarahan, kesedihan, kekecewaan, dan lain sebagainya. Namun, ilmu psikologi mengartikan emosi sebagai pola reaksi kompleks yang melibatkan pengalaman, perilaku, dan psikologis.

Pola reaksi yang kompleks itu biasanya digunakan untuk menangani masalah atau peristiwa penting yang dialami oleh masing-masing individu. Ketika pola reaksi positif, maka emosi bisa terkendali dengan baik. 

Demikian juga sebaliknya, ketika pola reaksi negatif, maka emosi menjadi tidak terkendali. Artinya seseorang bisa bersikap marah berlebihan, mengalami kesedihan yang berlebihan dan tindakan lainnya yang juga berlebihan.

BACA JUGA:Mengenal Emosi Pada Murai Batu, Over Emosi Burung Cenderung Nakal Hingga Mencabut Bulunya Sendiri

BACA JUGA:Waspada Trauma Psikologis! Ini Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi

Oleh karena itu, Anda memang harus bisa mengendalikan emosi dengan baik. Pengendalian emosi yang stabil memberikan efek positif dan Anda pun tidak akan menerima sebutan sebagai orang dengan sumbu pendek tadi. 

Sebaliknya ketika Anda tidak mampu mengendalikan emosi yang berlebihan, maka efek dan dampak buruknya sangat kompleks. Efek negatifnya tidak hanya bagi Anda sendiri, namun lebih dari itu. Orang-orang di sekitar Anda pun bisa menerima imbas negatifnya. 

Bahkan lebih jauh lagi, Anda pun bisa dicap sebagai orang sumbu pendek tadi. Anda sebagai sosok yang menyebalkan, menakutkan, dan tidak memiliki simpati. Orang pun akan sulit menaruh rasa hormat pada Anda. 

BACA JUGA:Ini Pembagian Dana Desa 2024 Bengkulu Tengah, Bengkulu! 7 Desa 1 Miliar

BACA JUGA:Ini Pembagian Dana Desa 2024 Kepahiang, Bengkulu! 9 Desa 1 Miliar

Emosi Tinggi juga Tidak Baik untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: