HONDA

Bencana Longsor di Kabupaten Lebong, Pondok Kopi dan Sawah Terdampak

Bencana Longsor di Kabupaten Lebong, Pondok Kopi dan Sawah Terdampak

Bencana Longsor di Kabupaten Lebong, Pondok Kopi dan Sawah Terdampak--dok/RB

LEBONG, RAKYATBENGKULU.COM - Curah hujan lebat yang terjadi di Kabupaten Lebong mengakibatkan bencana longsor dan air bah di wilayah Kecamatan Lebong Selatan dan Rimbo Pegadang pada Senin 1 Januari 2024.

Selain itu, bencana longsor juga terjadi di dua titik yakni di Desa Talang Donok 1 Kecamatan Topos Kabupaten Lebong pada Selasa 2 Januari 2024, subuh.

Camat Topos Kabupaten Lebong, Zerly Lawdi saat dihubungi rakyatbengkulu.com menuturkan bahwa pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan peninjauan lokasi bencana longsor tersebut.

"Ada dua titik terjadi longsor tepatnya kebun kopi milik Erwan warga Desa Talang Donok 1 Kecamatan Topos dan sawah dipinggiran Sungai Ketahun, dan kita tadi sudah meninjau lokasi terjadinya bencana Longsor," ungkap Zerly, Selasa 2 Januari 2024.

BACA JUGA:6 Kecamatan di Rejang Lebong Waspada Banjir dan Longsor

Disebutkan Zerly, bukan hanya kebun kopi sekitar 1/4 hektar tertimbun material longsor, juga pondok kebun milik Erwan roboh tersapu material longsor tersebut dan kerugian sekitar Rp15.000.000 .

"Untuk lahan sawah di pinggir Sungai Ketahun juga sekitar 1/4 hektar gagal panen karena air bah dan longsor. Dan pihak kecamatan juga sudah meminta para kepala desa untuk mendata sawah maupun kebun yang terdampak bencana longsor untuk kita laporan ke BPBD ,Dinas Pertanian hingga ke Bupati Lebong," papar Zerly.

Sementara itu, bencana juga terjadi di wilayah Kecamatan Lebong Selatan. Informasi sementara yang diterima ada 10 hektar sawah tenggelam karena meluapnya sungai Pauh Tes.

"Kita sudah berkoordinasi dan membuat laporan dengan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) setempat serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) informasi puluhan hektar sawah terdampak longsor dan air bah akan kembali didata serta meninjau lokasi," singkat Camat Lebong Selatan.

BACA JUGA:Rumah Warga di Rejang Lebong Diterjang Banjir dan Longsor, 6 Ton Bibit Ikan Lenyap, Kerugian Capai Rp80 Juta

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"