HONDA

Belimbing Darah, Mengandung Protein dan Serat, Memiliki Manfaat Anti Inflamasi atau Anti Peradangan

Belimbing Darah, Mengandung Protein dan Serat, Memiliki Manfaat Anti Inflamasi atau Anti Peradangan

Belimbing Darah, Mengandung Protein dan Serat, Memiliki Manfaat Anti Inflamasi atau Anti Peradangan--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Ada banyak jenis belimbing yang dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah belimbing darah atau belimbing merah yang endemik dari Kalimantan.

Buah yang satu ini masuk dalam jenis suku Phyllanthaceae (dulunya Euphorbiaceae).

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Tubuh dengan Konsumsi Telur Puyuh, Ketahui 7 Manfaat dan Kandungan Gizinya

Menariknya belimbing darah ini satu kerabat dengan menteng dan rambai, hanya saja bentuk luarnya serupa dengan belimbing. Dimana memiliki kulit yang lebih tebal dan berwarna merah menyala. 

Belimbing darah ini dikenal juga sebagai asem ketiak, pidau, umbing, umbung (Kalimantan), bonit (Kapuas Hulu, Kalbar), belimbing hutan (Brunei), embaling, embaling bobou, uchong (Sarawak, Iban), belimbing uchong, pelawak, popotong, tampoi hutan (Sabah) dan lainnya.

BACA JUGA:8 Kota Terdingin di Indonesia, Suhu Capai 9 Derajat, Salah Satunya Kota Curup, Rejang Lebong

Sebaran alami belimbing darah merupakan hutan-hutan primer dan sekunder di Kalimantan, termasuk di hutan-hutan tepi sungai. Tumbuhan ini ditemukan pada ketinggian 0–800 mdpl, di atas tanah-tanah laterit atau tanah pasir. 

Kebanyakan buah belimbing darah ini berbunga pada bulan Mei, Juni, Agustus, Oktober dan November. Bisa dikatakan buahnya bisa kita nikmati sepanjang tahun.

BACA JUGA:Macan Cempaka Bekuk Kolektor Pelaku Penggelapan Uang Perusahaan Senilai Belasan Juta

Sama seperti belimbing pada umumnya, belimbing darah juga dimakan atau dikonsumsi sebagai buah segar. Salut bijinya berasa asam hingga manis, sementara kulit bijinya asam (kecut). Buah belimbing darah mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral dan vitamin C.

Di beberapa tempat, buah ini juga berpotensi sebagai bahan obat. Buah belimbing darah kaya akan tembaga yang memiliki manfaat anti inflamasi atau anti peradangan. 

BACA JUGA:Kesempatan Bagi Fresh Graduate! Ada 2,3 Juta Formasi Seleksi CPNS dan PPPK Resmi Dibuka Presiden Jowoki

Banyak yang percaya buah ini dapat mengatasi radang sendi. Jika dikonsumsi pagi hari, buah ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga akan membangkitkan semangat. Sehingga imunitas pun meningkat. 

Belimbing darah juga mengandung zat besi, zinc dan mangan yang sangat baik. Lalu ada vitamin dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: