HONDA

Musim Hujan Tiba, Waspada Penyakit DBD, Bersihkan Lingkungan dan Gunakan Kelambu

Musim Hujan Tiba, Waspada Penyakit DBD, Bersihkan Lingkungan dan Gunakan Kelambu

Musim Hujan Tiba, Waspada Penyakit DBD, Bersihkan Lingkungan dan Gunakan Kelambu --Facebook.com/Klinik Shifa Medika//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Begitu memasuki musim penghujan, maka akan banyak penyakit yang bermunculan. Salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. 

Nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di air yang tergenang dan hujan dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan perkembangbiakan nyamuk ini.

BACA JUGA:Bikin Panik! Nikita Willy Konsultasikan Masalah Kejang Demam Anak Kepada Dokter Ganteng Ini

DBD merupakan penyakit menular, gejala DBD yang umum adalah demam tinggi diserta1 dengan gejala seperti flu. Pada kasus DBD yang parah bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok) bahkan bisa menyebabkan kematian.

Ada jutaan kasus infeksi demam berdarah dengue terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. Tapi DBD paling sering terjadi di Asia Tenggara, pulau-pulau Pasifik Barat, Amerika Latin dan Afrika. 

BACA JUGA:Bagaimana Rincian Dana Desa 2024 Way Kanan, Lampung? Cek Jawabannya di Sini

Kini DBD menyebar ke daerah baru, termasuk di Eropa dan bagian selatan Amerika Serikat. Cara terbaik untuk mencegah infeksi adalah dengan menghindari gigitan nyamuk dan mengurangi populasi nyamuk. Berikut beberapa bahaya DBD saat musim hujan.

 

Peningkatan Kasus DBD

Musim hujan sering kali diikuti dengan peningkatan kasus DBD karena air hujan dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk Aedes aegypti.

BACA JUGA:Ini 5 Cara Membersihkan dan Merawat Rice Cooker Agar Awet Pemakaian dan Nasi Lebih Lezat

 

Berkembangbiak di Tempat Genangan Air

Air hujan yang tergenang di bebagai tempat seperti ban bekas, bak mandi atau tempat-tempat lainnya dapat menjadi tempat berkembang biak bagi larva nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: