HONDA

5 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Ini Wajib Dicoba, Nikmati Sensasi Hidangan Berbeda

5 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Ini Wajib Dicoba, Nikmati Sensasi Hidangan Berbeda

Nikmati sensasi hidangan berbeda, 5 makanan khas Nusa Tenggara Timur ini wajib dicoba.--Foto: Instagram/ Resepaslibunda

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ada 5 makanan khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang wajib dicoba ketika mendatanginya. Nikmati sensasi hidangan daerah timur ini.

Nusa Tenggara Timur biasanya lebih dikenal dengan pulau yang memiliki keindahan eksotis pariwisatanya, sehingga kulinernya belum banyak yang mengenal.

Beberapa pulau tercakup dalam daerah Nusa Tenggara Timur ini diantaranya Flores, Sumba, Timor dan Alor selain pulau kecil lainnya.

Termasuk kepulauan Labuan Bajo keindahan alamnya yang luar biasa menjadikan Nusa Tenggara Timur tempat yang tepat dalam pariwisata mata dan kuliner.

BACA JUGA:Ini Dia Makanan Sumber Yodium, Ada Rumput Laut dan Buah Plum Kering, Makanan yang Berasal dari Laut

Tentunya jangan hanya memanjakan mata saja namun perlu mengenal beberapa kuliner makanan khas NTT yang wajib dicoba, sehingga nikmati sensasi hidangan dari daerah Timur ini.

Apa saja makanan khas Nusa Tenggara Timur tersebut berikut ini diantaranya :

1. Kolo

Kolo, sebuah hidangan nasi bakar khas Manggarai, seperti lemang yang ada di daerah Sumatera yang menjadi persembahan makanan NTT pertama. Berasal dari kata tapa kolo yang memiliki arti nasi bambu yang dibakar. 

Tentunya tidak sembarang makanan, sajian ini sering menjadi bagian dari upacara adat yang sakral.

BACA JUGA:Waspada Makanan Ini Tidak Manis, Tapi Kadar Gulanya Tinggi, Berisiko Terjangkit Penyakit Kronis

Kuliner khas Nusa Tenggara Timur tersebut dengan cara memasukkan beras yang dicampur dengan bumbu ke dalam bambu, lalu dibakar di atas bara api kemudian kamu dapat menikmati sensasi nasi bakar.

2. Catemak Jagung

Catemak jagung tentunya ada Jagung didalamnya namun bisa juga digantikan dengan kacang tanah, hijau, atau labu. Ini menjadi kuliner penutup dalam tradisi oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: