HONDA

Ketahui Manfaat Kapur Pertanian untuk Tanaman Saat Musim Penghujan, Salah Satunya Menetralkan pH Tanah

Ketahui Manfaat Kapur Pertanian untuk Tanaman Saat Musim Penghujan, Salah Satunya Menetralkan pH Tanah

Ketahui Manfaat Kapur Pertanian untuk Tanaman Saat Musim Penghujan, Salah Satunya Menetralkan pH Tanah--Badri/RB

BACA JUGA:10 Panduan Pertanian yang Wajib Diketahui Petani Milenial, Jangan Asal Bertani !

Untuk selisih 1 poin pH, Anda memerlukan 2 ton kapur pertanian per hektarnya dan tinggal dihitung saja luasan lahan pertanian yang digarap.

Setelah itu, menghitung jumlah kapur pertanian yang dibutuhkan dengan panduan kebutuhan standar kapur pertanian untuk satu hektare lahan.

Namun, pemberian kapur pertanian tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena akan menyebabkan dampak buruk terhadap tanaman. 

Dampak yang dapat ditimbulkan antara lain kekurangan zat besi, mangan, seng, dan tembaga. Seluruh senyawa tersebut dibutuhkan oleh tanah untuk proses fisiologis.

BACA JUGA:Olah Lahan Pertanian dengan Trico-G, Ampuh Cegah Jamur Patogen dan Penyakit Rebah Kecambah

Jika pengapuran yang dilakukan berlebihan, seluruh senyawa tersebut akan terikat erat atau bersenyawa sehingga tanaman tidak bisa lagi menyerap kandungan tersebut. Tentu saja kondisi tersebut malah akan menghambat pertumbuhan tanaman.

Pengapuran secara berlebihan juga menyebabkan kadar fosfat (P) di dalam tanah berkurang karena terbentuknya komplek kalsium fosfat yang tidak larut. Kondisi tersebut menyebabkan penyerapan kadar fosfat (P) oleh tanaman menjadi lebih sulit.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: