HONDA

6 Cara Mengatasi Rasa Takut Anak Pergi ke Dokter Gigi

6 Cara Mengatasi Rasa Takut Anak Pergi ke Dokter Gigi

Untuk mengatasi rasa takut anak pergi ke dokter gigi lakukan 6 cara ini.--Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Periksa gigi adalah hal yang harus dijalani anak-anak untuk mengetahui sejauh mana kesehatan dan kebersihan giginya.

Namun, yang sering jadi permasalahan adalah kadang anak takut ke dokter gigi. Jika hal ini terjadi, biasanya orang tualah yang akan kerepotan membujuk anak agar mau ke dokter gigi.

Jika Anda termasuk orang tua yang sedang kerepotan tersebut, coba simak 5 tips di bawah ini agar anak lebih berani bertemu dokter gigi.

BACA JUGA:Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini, Ini 6 Cara yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Ceritakan Pengalaman Anda

Biasanya  anak takut datang ke dokter gigi karena belum mendapatkan pengalamannya sendiri. Mereka hanya mendapatkan informasi dari teman-temannya atau melihatnya di televisi.

Sayangnya, terkadang informasi yang mereka terima ini sering bersifat negatif dan menggambarkan suasana praktik dokter gigi yang menyeramkan.

Sebagai orang tua, Anda harus bisa menenangkan anak dengan menjadi contoh baginya. Bagikan pengalaman Anda selama ini saat berkunjung ke dokter gigi.

Ceritakan kepada mereka tentang dokter yang baik dan menjaga Anda dari masalah-masalah gigi. Setelah mendengar cerita-cerita yang positif dari tentang dokter gigi, anak akan lebih siap untuk bertemu dokter gigi.

BACA JUGA:10 Langkah Merapikan Gigi dengan Behel dan Cara Terbaik Merawatnya

2. Bermain Peran Bersama Anak

Saat Anda bermain bersama anak, sempatkanlah untuk bermain peran sebagai dokter gigi. Anda sebagai dokternya dan anak sebagai pasiennya.

Meskipun bermain, cara ini ternyata sangat mampu memberi gambaran kepada anak mengenai apa yang akan dilaluinya di ruang praktik dokter gigi nanti.

Tentunya Anda sendiri harus paham dan tidak mengarang situasi yang justru membuat anak terjerumus pada pengertian yang salah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: