HONDA

4 Manfaat Sayur Gambas atau Oyong, Menurunkan Berat Badan Hingga Memperlancar Peredaran Darah

4 Manfaat Sayur Gambas atau Oyong, Menurunkan Berat Badan Hingga Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat Sayur Gambas Atau oyong yang Baik Untuk Kesehatan--Insatagram.com/ nkcafemalang

Manfaat yang selanjutnya bisa diperoleh dari mengonsumsi sayur gambas adalah bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya sayuran gambas merupakan sumber nutrisi yang cukup rendah kalori. Artinya, sayur gambas bisa membantu proses pola diet, untuk mereka yang sedang menjalaninya. 

Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada sayur gambas ini juga bisa membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Menakjubkan! Ini Dia 5 Manfaat Buah Naga untuk Lambung yang Jarang Diketahui

Bahkan, sayur gambas ini juga diyakini cukup mampu untuk menghambat pelepasan senyawa ghrelin. Senyawa ghrelin merupakan hormon lapar yang akan memberikan tanda pada pikiran manusia untuk makan sesuatu.

Nah, selain bermanfaat untuk mereka yang sedang diet, sayur gambas ini juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita obesitas atau diabetes.

3. Meningkatkan Peredaran Darah

Sayur gambas juga dipercaya bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh. Lancarnya peredaran darah bisa membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

Hal ini tentunya akan bisa menurunkan risiko terkait berbagai macam penyakit kronis yang bisa disebabkan oleh gangguan darah. Yaitu mulai dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi, hingga stroke.

BACA JUGA:Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Teh Hijau, Ini 8 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh  

4. Mampu Melawan Mikroba

Selain di Indonesia, pengobatan tradisional di India atau Ayurveda memang sudah menggunakan gambas atau oyong sebagai salah satu bahan ramuan.

Karena, gambus dipercaya bisa melawan berbagai mikroba penyebab dari penyakit. 

Contohnya yaitu seperti bakteri, virus, hingga mikroba lain seperti juga jamur. Hal ini dikarenakan sayur gambas yang dijadikan bubuk mengandung metanol dan etil asetat.

Pada kedua senyawa tersebut dipercaya sangat mampu untuk melawan bakteri seperti E. Coli, P. aeruginosa, B. subtilis dan S. aureus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: