HONDA

Kuliner Nusantara: 6 Ide Olahan Gurita yang Patut Dicoba, Ada yang Cocok untuk Pencinta Pedas

Kuliner Nusantara: 6 Ide Olahan Gurita yang Patut Dicoba, Ada yang Cocok untuk Pencinta Pedas

Gurita salah satu biota laut yang mempunyai rasa sangat lezat ketika telah diolah. Ada 6 ide berbagai macam kuliner dari olahan gurita yang patut dicoba.--Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Mungkin masih banyak orang yang bingung mau dimasak apa kalau membeli gurita, karena memang kebanyakan orang masih sangat jarang mengolah gurita ini.

Bagi Anda Pencinta kuliner Nusantara ada 6 ide olahan gurita yang patut dicoba. Bahkan ada yang cocok untuk para pencinta pedas.

Gurita merupakan hewan moluska berasal dari kelas Cephalopoda atau kaki hewan yang terletak di kepala, yang mana terumbu karang merupakan habitat utamanya.

Gurita diketahui sangat jarang ditemui, karena tidak semua perairan laut menjadi habitat untuk tumbuh kembangnya gurita. Beruntung di Provinsi Bengkulu gurita banyak ditemukan di perairan Kabupaten Kaur.

BACA JUGA:Kuliner Nusantara: Sejarah Serta Makna Ikan Mas Arsik, Sajian Khas Sumatera Utara

Gurita masih sangat banyak ditemui di Kabupaten Kaur, dikarenakan laut atau pesisir pantai di Kaur masih banyak sekali karang yang menjadi habitat untuk gurita.

Karena itulah pada saat ini, Kabupaten Kaur merupakan salah satu pilihan masyarakat yang ingin mencari berbagai macam makanan olahan gurita.

Gurita merupakan salah satu biota laut yang mempunyai rasa sangat lezat ketika telah diolah, terdapat berbagai macam rekomendasi olahan yang berbahan dasar gurita yang bisa menjadi pilihan.

Pada 100 gram gurita, terkandung sejumlah nutrisi penting yang bisa memberikan manfaat untuk tubuh manusia, seperti protein (18-20 gram),  zat besi (2-3 mg), vitamin B12 (5-10 mg), selenium (30-40 mg), fosfor (200-250 mg) dan kalium (400-500 mg).

BACA JUGA:Wisata Kuliner 3 Tempat Lontong Tunjang Khas Bengkulu Cocok Untuk Sarapan Pagi

Terdapat berbagai macam ide olahan berbahan dasar gurita yang dapat menjadi pilihan, dirangkum rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber, antara lain:

1. Sate gurita


Pengolahan gurita dengan cara dibakar akan mengeluarkan aroma khas bekas bakaran yang kemudian dipadukan dengan kuah sate membuat daging gurita menjadi begitu lezat--Freepik.com/Jcomp

Yang pertama, daging gurita yang kenyal ini mempunyai rasa yang manis dan khas. Hal ini tentu saja sangat pas  kalau diolah menjadi sate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"